Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi

FADILLAH, Mutiara (2022) Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf

Download (655kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mutiara Fadillah-C1C018016-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Perusahaan merupakan organisasi bisnis yang dijalankan oleh sekelompok orang. Untuk terus bertahan maka sebuah perusahaan tidak hanya bergantung pada strategi jangka pendek seperti peningkatan profitabilitas saja. Namun, harus bergeser pada peningkatan strategi jangka panjang seperti nilai perusahaan. Nilai perusahaan dapat mencerminkan seberapa baik kinerja dan keuntungan perusahaan di masa depan. Investor sebagai pelaku investasi memerlukan informasi sebelum memutuskan kegiatan investasinya pada suatu perusahaan. Saat ini, informasi yang dibutuhkan bukan hanya informasi keuangan tetapi juga informasi non-keuangan. Informasi non-keuangan semakin menjadi perhatian akibat banyaknya fenomena dampak negatif kegiatan operasional perusahaan. Kenaikan investasi berbasis environmental, social, and governance (ESG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) terjadi mulai tahun 2015-2020, membuka mata semua perusahaan bahwa saat ini kesadaran investor akan tanggung jawab sosial lingkungan meningkat. Investor lebih memilih untuk menginvestasikan dananya pada perusahaan yang bertanggung jawab sosial dan lingkungan. Tanggung jawab ini semakin penting sifatnya setelah dikeluarkan UU No. 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Dampaknya pengaruh informasi non-keuangan terhadap nilai perusahaan semakin penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengungkapan sustainability report dan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan serta menganalisis pengaruh profitabilitas sebagai variabel pemoderasi dalam hubungan tersebut. Teori pendekatan yang digunakan merupakan teori stakeholder dan teori legitimasi. Kebaruan penelitian ini adalah penambahan variabel corporate social responsibility. Selain itu, penggunaan proksi GRI Standard 2016 untuk menilai variabel sustainability report dan net profit margin (NPM) dalam menilai variabel profitabilitas. Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data diperoleh melalui website Bursa Efek Indonesia (BEI) dan website masing-masing perusahaan. Data dikumpulkan dengan metode dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini merupakan semua perusahaan yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2015-2020 sejumlah 506 perusahaan. Populasi tersebut menghasilkan sampel sebanyak 20 perusahaan dengan 120 data observasi yang merupakan hasil seleksi purposive sampling. Kemudian, data dianalisis meggunakan uji outlier untuk mengeluarkan data ekstrim. Terdapat 3 perusahaan yang memiliki data ekstrim. Setelah ketiganya dikeluarkan, ukuran sampel menjadi 17 perusahaan dengan 6 tahun pengamatan yang menghasilkan 102 data observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS dengan bantuan alat analisis program Smartpls 3.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengungkapan sustainability report berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan, artinya semakin tinggi pengungkapan sustainability report maka semakin tinggi nilai perusahaan dan sebaliknya, semakin rendah pengungkapan sustainability report maka semakin rendah nilai perusahaan. Perusahaan yang mengungkapakan laporan ini dinilai sudah mendengar dan memperhatikan kepentingan stakeholder dalam bidang ekonomi, sosial, dan lingkungan sehingga komunikasi melalui laporan ini efektif. (2) Pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Hal ini berarti sebesar apapun tingkat pengungkapan corporate social responsibility (CSR) dalam laporan tahunan, tidak mempengaruhi penilaian investor dalam menilai suatu perusahaan melalui harga saham. Tujuan utama perusahaan mengungkapkan laporan ini adalah menghindari sanksi akibat melanggar hukum/regulasi. Selain itu, minimnya hubungan secara langsung antara investor dengan stakeholder seperti masyarakat membuat pengungkapan CSR sebagai alat komunikasi tidak berjalan efektif. (3) Profitabilitas tidak mampu memperkuat pengaruh pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan. Artinya, tinggi rendahnya profitabilitas tidak mempengaruhi pengungkapan sustainability report terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas termasuk laporan jangka pendek sedangkan sustainability report termasuk laporan jangka menengah sehingga menghasilkan dasar pengambilan keputusan yang berbeda. (4) Profitabilitas tidak mampu memperkuat pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan. Artinya tingkatan profitabilitas perusahaan tidak akan mempengaruhi pengungkapan corporate social responsibility (CSR) terhadap nilai perusahaan. Tujuan utama perusahaan melakukan kegiatan CSR adalah nirlaba atau melayani masyarakat. Ketidakmauan perusahaan mengeluarkan biaya CSR lebih dan merusak kabar keberhasilan kinerja keuangan menyebabkan profitabilitas tidak efektif dalam memberikan pengaruh. Penelitian ini berimplikasi bagi perusahaan dan stakeholder. Bagi perusahaan, penelitian ini dapat menjadi dasar pertimbangan dalam merencanakan keberlanjutan perusahaan melalui nilai perusahaan dan faktor-faktor yang mempengaruhi, perusahaan juga dapat mengkomunikasikan laporan non-keuangan lebih baik lagi kepada stakeholder termasuk investor. Bagi investor, penelitian ini dapat menjadi tambahan pengetahuan dan wawasan dalam memutuskan penting tidaknya informasi non-keuangan sebagai dasar pertimbangan sebelum melakukan investasi dan keberlanjutan investasi pada suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C22560
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan sustainability report, pengungkapan corporate social responsibility, profitabilitas, dan nilai perusahaan
Subjects: P > P555 Profit
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Akuntansi
Depositing User: Mrs FADILLAH Mutiara
Date Deposited: 15 Dec 2022 04:26
Last Modified: 15 Dec 2022 04:26
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19230

Actions (login required)

View Item View Item