Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Sikap dan Perilaku Mahasiswa Farmasi dalam Pembelajaran Daring di STIKes Ibnu Sina Ajibarang

WULANDARI, Retno Ayu (2022) Analisis Sikap dan Perilaku Mahasiswa Farmasi dalam Pembelajaran Daring di STIKes Ibnu Sina Ajibarang. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf

Download (203kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf

Download (299kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (587kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf

Download (193kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf

Download (448kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Retno Ayu Wulandari-I1C018026-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar Belakang : Pandemi COVID-19 yang terjadi di Indonesia berdampak pada seluruh aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan, sehingga pemerintah mengeluarkan peraturan terkait pelaksanaan pembelajaran secara daring. Perubahan sistem pembelajaran tersebut mengharuskan mahasiswa beradaptasi, sehingga dapat mempengaruhi sikap dan perilaku mahasiswa dalam belajar yang nantinya sangat berpengaruh bagi keberhasilan proses pembelajaran. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran sikap dan perilaku mahasiswa farmasi dalam pembelajaran daring serta melihat perbedaan sikap dan perilaku pada tiap tingkatan mahasiswa. Metodologi : Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan desain cross sectional. Metode sampling yang digunakan yaitu proportional sampling. Total responden berjumlah 174 mahasiswa yang merupakan mahasiswa aktif program studi farmasi STIKes Ibnu Sina Ajibarang. Pengambilan data dilakukan dengan cara menyebar kuesioner secara daring dalam bentuk google form. Data dianalisis secara deskriptif dan diuji komparasi menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji one-way ANOVA. Hasil Penelitian : Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 92,53% responden memiliki sikap positif dan 7,47% responden memiliki sikap negatif dalam pembelajaran daring. Sebanyak 29,89% responden berperilaku baik, 66,09% responden berperilaku cukup, dan 4,02% responden berperilaku kurang dalam pembelajaran daring. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap dan perilaku mahasiswa farmasi pada tiap tingkatan dalam pembelajaran daring dengan p-value sebesar 0,890 pada variabel sikap dan 0,104 pada variabel perilaku. Kesimpulan : Mahasiswa farmasi STIKes Ibnu Sina Ajibarang sebagian besar memiliki sikap yang positif dan perilaku yang cukup dalam pembelajaran daring dimana tidak terdapat perbedaan pada tiap tingkatan mahasiswa. Kata Kunci : Sikap, perilaku, pembelajaran daring, mahasiswa farmasi, tingkat mahasiswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I22261
Uncontrolled Keywords: Sikap, perilaku, pembelajaran daring, mahasiswa farmasi, tingkat mahasiswa
Subjects: C > C716 Concept learning
H > H305 Human behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > S1 Farmasi
Depositing User: Mrs WULANDARI Retno Ayu
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:37
Last Modified: 23 Dec 2022 01:37
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19304

Actions (login required)

View Item View Item