Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Kekuatan Struktur Jembatan Merah Sungai Serayu Akibat Beban Gempa Dengan Metode Analisis Pushover

RIZQIYANI, Nuroshshobah (2019) Analisis Kekuatan Struktur Jembatan Merah Sungai Serayu Akibat Beban Gempa Dengan Metode Analisis Pushover. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1.COVER-Nurushsobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Legalitas)
2.LEGALITAS-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] PDF (Abstrak)
3.ABSTRAK-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4.BAB-I-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2024.

Download (595kB)
[img] PDF (BabII)
5.BAB-II-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6.BAB-III-Nurushsobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 January 2024.

Download (908kB)
[img] PDF (BabIV)
7.BAB-IV-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8.BAB-V-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (590kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9.DAFTAR-PUSTAKA-Nurushshobah Rizqiyani-H1B015062-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (595kB)

Abstract

Jembatan Merah Sungai Serayu merupakan jembatan yang sudah dibangun sejak jaman penjajahan Belanda. Jembatan tersebut dahulu direncanakan dan dipergunakan sebagai jembatan kereta api, namun seiring berkembangnya zaman dialihfungsikan menjadi jembatan jalan raya. Adanya pengalih fungsian tersebut menyebabkan perlu dilakukannya analisis ulang terhadap kekuatannya sebagai jembatan jalan raya. Jembatan ini memiliki panjang 110 m, lebar 3,4 m, dan tinggi 6,5 m, serta terbagi atas 2 bentang yang dipisahkan oleh pier pada jarak 65 m. Setelah dilakukan analisis ulang dengan mengacu pada SNI 1725:2016 tentang Pembebanan untuk Jembatan didapatkan hasil bahwa jembatan tersebut dengan asumsi beban kendaraan maksimum adalah mobil penumpang sudah dalam kondisi tidak aman. Hal ini ditandai dengan nilai stress ratio terbesar bernilai 8,955. Kemudian dilakukan optimasi terdahap dimensi profil dengan perbesaran rata-rata 9,583 untuk mencapai kondisi aman. Dari hasil optimasi ini didapatkan nilai stress ratio maksimum adalah 0,9112. Untuk menilai level kinerja jembatan itu sendiri mengacu pada ATC 40 dengan analisis beban gempa dinamisnya menggunakan metode analisis pushover dan didapatkan hasil bahwa untuk jembatan yang telah dioptimasi berada pada level kinerja immediate occupancy dengan nilai perpindahan maksimum pada saat performance pointnya sebesar 3,075 mm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19171
Uncontrolled Keywords: jembatan, pushover, level kinerja, performance point.
Subjects: B > B359 Bridge
S > S755 Structural analysis Engineering
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr Saino Saino
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:43
Last Modified: 03 Jan 2023 03:43
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item