HASYIM, Rafi Rif'at (2022) Rancang Bangun Sistem Kontrol Perpindahan Gir Sepeda Otomatis Berdasarkan Kecepatan Berbasis Arduino Nano. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Download (190kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Download (692kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (667kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (833kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Download (626kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Download (619kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rafi Rif'at Hasyim-H1A018060-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Dengan adanya rasio gir yang berbeda pada sepeda, diperlukan pemahaman lebih tentang teknik perpindahan gir agar dapat mengayuh sepeda dengan nyaman. Namun, tidak semua orang mengerti tentang teknik perpindahan gir, seperti kapan harus menaikkan atau menurunkan tingkat gir pada kecepatan tertentu. Pada penelitian ini, peneliti melakukan rancang bangun sistem kendali otomatis pada perpindahan gigi (gir) sepeda berdasarkan kecepatan secara otomatis, melakukan pengujian dan analisis sistem kendali otomatis pada saat terjadi perpindahan gir secara otomatis, dan membandingkan waktu yang dibutuhkan antara tidak berganti gir dengan perpindahan gir otomatis. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam mengambil data berupa pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif berisi waktu yang dicapai pada setiap mode, sedangkan data kualitatif berisi seberapa berat kayuhan yang dirasakan pada saat tiap mode digunakan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, waktu paling cepat yang dihasilkan tanpa berganti gir adalah 3 menit 3,2 detik, sedangkan waktu yang dihasilkan oleh mode otomatis adalah 2 menit 19,4 detik, yang berarti mode otomatis masih lebih cepat sebanyak 43,8 detik meskipun dibandingkan dengan waktu paling cepat pada mode tanpa berganti gir. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peneliti berhasil melakukan rancang bangun sistem kendali otomatis pada perpindahan gigi (gir) sepeda berdasarkan kecepatan, secara otomatis, juga melakukan pengujian dan analisis sistem kendali otomatis pada saat terjadi perpindahan gir secara otomatis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23002 |
Uncontrolled Keywords: | gir, mode, otomatis, manual |
Subjects: | B > B137 Bicycles D > D119 Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr HASYIM Rafi Rif’at |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 00:27 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 00:27 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19412 |
Actions (login required)
View Item |