KHANIFUDIN, Mohammad (2022) Rancang Bangun Sistem Kontrol Perpindahan Gear Pada Sepeda Berdasarkan Perubahan Cadence dan Kemiringan Lintasan Secara Elektronik Berbasis Arduino. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (COVER)
COVER-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Download (166kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only until 4 January 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi_2022.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Mohammad Khanifudin-H1A018062-Skripsi-2022.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Sistem perpindahan gear pada sepeda biasanya dilakukan dengan menekan shifter yang terdapat pada stang sepeda yang akan menarik ataupun mengulur kawat yang terhubung ke deraileur. Namun, perpindahan gear secara mekanik ini memiliki beberapa kelemahan seperti membutuhkan tenaga lebih untuk menekan tuas shifter dan konsentrasi terbagi saat mengayuh dan memindahkan gear, hal tersebut pastinya menyulitkan bagi pesepeda pemula. Untuk mengatasinya, didapat solusi dengan membuat sistem kontrol perpindahan gear sepeda berdasarkan perubahan cadence dan kemiringan lintasan secara elektronik berbasis arduino. Metode yang digunakan yaitu rancang bangun dan pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif terkait nilai cadence dan kemiringan, perubahan cadence pada sepeda diukur dengan menggunakan hall effect sensor jenis A3144 yang diletakkan pada frame sepeda dan magnet yang berada di crank sepeda yang berputar, sedangkan untuk kemiringan lintasan diukur menggunakan sensor giroskop jenis MPU6050 namun hanya parameter pada sumbu x saja yang dipakai untuk deteksi sudut kemiringan. Selain dapat berpindah secara otomatis, pada alat ini terdapat juga mode manual yaitu dengan menekan dua buah button yang berfungsi untuk menaikan atau menurunkan gear sepeda. Pada prototype ini dibagi 3 mode yaitu mode cadence, kemiringan, dan manual. Rear derailleur yang telah dimodifikasi dengan meletakkan servo pada bagian dinamis rear derailleur sehingga lengan servo dapat menggerakan rear derailleur secara horizontal untuk memindahkan posisi rantai pada gear yang sesuai berdasarkan input nilai cadence, kemiringan, maupun tombol upshift dan downshift. pada mode cadence didapatkan nilai standar error sebesar 7.29 sedangkan pada mode kemiringan didapatkan nilai standar error sebesar 1.08. Kata kunci : Perpindahan gear sepeda, Arduino, Cadence, Giroskop
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23001 |
Uncontrolled Keywords: | Perpindahan gear sepeda, Arduino, Cadence, Giroskop |
Subjects: | B > B137 Bicycles D > D119 Design |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr KHANIFUDIN Mohammad |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 00:31 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 00:31 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19413 |
Actions (login required)
View Item |