Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Miskin Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Cilacap (Studi Kasus di Desa Cibeunying dan Desa Limbangan)

TOBIRIN, Tobirin and WARSIDI, Warsidi and ROHMAN, Abdul (2011) Pengembangan Model Pemberdayaan Masyarakat Desa Miskin Berbasis Kearifan Lokal Di Kabupaten Cilacap (Studi Kasus di Desa Cibeunying dan Desa Limbangan). In: Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan. Pengembangan Sumber Daya Perdesaan dan Kearifan Lokal Berkelanjutan . LPPM Unsoed, Purwokerto, pp. 500-512. ISBN 9789799204516

[img] PDF (Fulltext)
Artikel Model Pemberdayaan.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pemberdayaan sebagai strategi pembangunan bukanlah sekedar mengintroduksi dan mengimplementasikan proyek ftsik atau penyaluran subsidi, melainkan sebagai gerakan mengubah, memobilisasi lingkungan menjadi kondusif guna terciptanya masyarakat mandiri. Melalui pernberdayaan masyarakat di dorong menjadi lebih aktif, inisiatif dan kreatif dalam pembangunan pedesaan. Program pernberdayaan yang telah dilakukan di Desa Cibeunying dan Desa Limbangan belum mampu memberdayakan masyarakat apalagi meningkatkan kesejahteraanya. Masyarakat masih dihadapkan pada lemahnya kelembagaan desa, rendahnya pendapatan, kapasitas sumberdaya yang rendah, rendahnya pendidikan, terisolirnya wilayah tersebut dari pusat kota. Penelitian ini akan mengidentifikasi, memetakan dan mengembangkan model pemberdayaan masyarakat desa yang berbasis pada kearifal lokal. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan diskriptif. Hal ini dirnaksudkan untuk menemukan dan memahami tentang pemberdayaan masyarakat desa miskin berbasis kearifan Iokal secara mendalam. Dilihat dari need assesment masyarakat desa masih dihadapkan pada pemberdayaan yang formal tanpa pemahaman kebutuhan nyata dari masyarakat. Padahal potensi ekonomi dan sumberdaya lokal mendukung untuk pengembangan masyarakat. Strategi pemberdayaan dilakukan dengan mengembangkan sinergisitas berbagai pihak dalam proses perwujudan kemandirian masyarakat, tanpa kolaborasi berbagai pihak pemberdayaan tidak akan berhasil.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: kemandirian, pemberdayaan, potensi lokal,
Subjects: D > D133 Developing countries
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mr Tobirin Tobirin
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:11
Last Modified: 10 Feb 2023 03:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/19969

Actions (login required)

View Item View Item