Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis City Branding Prefektur Kumamoto Dalam "One Piece" Kumamoto Revival Project

PURBAYA, Alfindra Wara (2023) Analisis City Branding Prefektur Kumamoto Dalam "One Piece" Kumamoto Revival Project. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2024.

Download (401kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2024.

Download (769kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 13 February 2024.

Download (120kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (813kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf

Download (267kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-ALFINDRA WARA PURBAYA-J1C017040-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas City Branding yang dilakukan oleh Prefektur Kumamoto melalui One Piece Kumamoto Revival Project, dengan menggunakan pendekatan Teori Branding Hexagon Simon Anholt. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan mengumpulkan data dari berbagai sumber informasi seperti artikel-artikel berita di internet. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa proyek ini memberikan pengaruh positif pada tiga aspek dari teori Branding Hexagon Simon Anholt, yaitu aspek presence, aspek pulse dan aspek place. Aspek presence menunjukkan bahwa proyek ini membangun patung-patung karakter manga One Piece yang tersebar di Prefektur Kumamoto untuk meningkatkan daya tarik wisata. Aspek pulse menunjukkan bahwa proyek ini mampu meningkatkan citra kota Kumamoto sebagai simbol pemulihan setelah gempa bumi pada tahun 2016. Sedangkan aspek place dengan menjadikan patung-patung karakter manga One Piece sebagai lama kreasi baru di Kumamoto. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terjadi peningkatan jumlah pengunjung sejak patung pertama diresmikan. Selain itu, proyek ini juga memberikan dampak positif pada sektor pariwisata dan ekonomi lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23007
Uncontrolled Keywords: One Piece, City Branding , Branding Hexagon, Prefektur Kumamoto, One Piece Kumamoto Revival Project
Subjects: J > J3 Japan
L > L264 Literature
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: Mrs PURBAYA Alfindra Wara
Date Deposited: 13 Feb 2023 08:09
Last Modified: 13 Feb 2023 08:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20030

Actions (login required)

View Item View Item