Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Pengendalian Internal dan Good Corporate Governance terhadap Pencegahan Fraud dengan Moralitas Sevagai Variabel Moderasi pada Rumah Sakit

DARAJATI, Anna Widya (2022) Pengaruh Pengendalian Internal dan Good Corporate Governance terhadap Pencegahan Fraud dengan Moralitas Sevagai Variabel Moderasi pada Rumah Sakit. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (7MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 20 February 2024.

Download (3MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Anna Widya Darajati-C2D018022-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (3MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Anna Widya Darajati-C2D0180122-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menyebar kuesioner terhadap rumah sakit yang terdaftar dalam Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Jawa Tengah tahun 2022. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel pengendalian internal dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud, serta untuk mengetahui apakah variabel moralitas memoderasi pengaruh pengendalian internal dan good corporate governance terhadap pencegahan fraud. Teori yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini yaitu teori segitiga kecurangan (fraud triangle). Populasi dalam penelitian ini adalah rumah sakit yang terdaftar dalam Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) Jateng. Total populasi berjumlah 50 rumah sakit. Metode penentuan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling sehingga didapatlah jumlah sampel sebanyak 41 rumah sakit yang memenuhi kriteria dalam penelitian ini. Variabel independen diukur dengan variabel pengendalian internal yang diukur dengan indikator lingkungan pengendalian, penilaian risiko, aktivitas pengendalian, informasi dan komunikasi, serta pemantauan dan good corporate governance yang diukur dengan indikator transparansi, akuntabilitas, independensi, pertanggungjawaban, serta kewajaran. Variabel moderasi moralitas diukur dengan indikator pre conventional, conventional, dan post conventional. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan SPSS (Statistical Product and Service Solutions). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Pengendalian internal tidak berpengaruh terhadap pencegahanfraud, 2. Good corporate governance berpengaruh positif terhadap pencegahan fraud, 3. Moralitas tidak memoderasi pengendalian internal terhadap pencegahan fraud, 4. Moralitas tidak memoderasi good corporate governance terhadap pencegahan fraud. Penelitian ini mempunyai dua implikasi yaitu implikasi teoritis dan implikasi praktis. Implikasi teoritis dalam penelitian ini yaitu keterkaitan antara variabel pengendalian internal, good corporate governance, dan moralitas mampu memberikan pengetahuan ilmu akuntansi yang berhubungan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi pencegahanfraud di Rumah Sakit Muhammadiyah Indonesia, khususnya Jawa Tengah. Selain itu hasil penelitian ini juga dapat memberikan kajian teoritis terhadap pengembangan teoriyang dipakai dalam penelitian ini yaitu teori segitiga kecurangan (fraud triangle) yang berkaitan dengan pencegahan fraud. Implikasi praktis dalam penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai masukan kepada manajemen rumah sakit untuk lebih meningkatkan peran pengendalian internal, Good Corporate Governance, dan moralitas dalam upaya pencegahan fraud.. Kata kunci: Pengendalian Internal, Good Corporate Governance, Moralitas, Pencegahan Kecurangan (Fraud).

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223049
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Internal, Good Corporate Governance, Moralitas, Pencegahan Kecurangan (Fraud)
Subjects: F > F354 Fraud
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Akuntansi
Depositing User: Mrs ANNA WIDYA DARAJATI
Date Deposited: 20 Feb 2023 06:53
Last Modified: 20 Feb 2023 06:53
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20225

Actions (login required)

View Item View Item