Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Geologi dan Karakteristik Endapan Gambut Berdasarkan Analisis Proksimat, Analisis Ultimat, Dan Petrografi Mineral Organik Daerah Peniraman dan Sekitarnya, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat

WAHYUAJI, Rasyid Faiz (2023) Geologi dan Karakteristik Endapan Gambut Berdasarkan Analisis Proksimat, Analisis Ultimat, Dan Petrografi Mineral Organik Daerah Peniraman dan Sekitarnya, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf

Download (341kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-RASYID FAIZ WAHYUAJI-H1C018058-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Gambut merupakan salah satu pilihan sumber energi baru yang memiliki potensi besar. Salah satu daerah yang memiliki potensi gambut yaitu di Kabupaten Mempawah, Provinsi Kalimantan Barat. Tujuan penelitian untuk mengetahui kondisi geologi dan karakteristik endapan gambut, Daerah Peniraman, Kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pemetaan geologi meliputi pengamatan morfologi, litologi/stratigrafi, struktur geologi dan pengeboran gambut. Hasil dari pemetaan geologi dan pengeboran gambut kemudian dilakukan analisis studio dan analisis laboratorium. Analisis studio berupa pembuatan peta-peta dan analisis laboratorium berupa analisis petrografi batuan beku, analisis karakteristik fisik gambut dan analisis karakteristik kimia gambut. Hasil analisis studio dan analisis laboratorium digunakan sebagai bahan penyusunan laporan tugas akhir. Kondisi gemorfologi daerah penelitian dapat dibagi menjadi 3 satuan geomorfologi yaitu Satuan Dataran Rawa Belakang (Backswamp) (F5), Satuan Aluvial Bergelombang Lemah (F1), dan Satuan Perbukitan Intrusi Tersayat Kuat (V5). Pola aliran yang berkembang yaitu Subdendritik, serta tipe genetik sungai yaitu Insekuen. Tatanan stratigrafi dari tua ke muda terdiri atas Satuan Granodiorit A Formasi Klm, Satuan Granodiorit B Formasi Toms, Satuan Endapan Aluvial Formasi Qa, dan Satuan Endapan Gambut Formasi Qa. Kemudian pada daerah penelitian terdapat struktur geologi berupa Sesar Geser Mengiri Peniraman (Left Slip Fault) yang didapatkan dari data Shear Fracture. Analisis karakteristik fisik megaskopis dilakukan terhadap enam titik bor gambut. Tipe gambut daerah penelitian didominasi oleh tipe gambut fibrik (kandungan serat >67%) dengan derajat pembusukan H1-H3 dan tipe gambut hemik (kandungan serat (33%-67%) dengan derajat pembusukan H3-H5. Analisis karakteristik fisik mikroskopis dilakukan terhadap enam data untuk analisis nilai reflektansi vitrinit (Ro) untuk menentukan peringkat gambut dan satu data untuk analisis komposisi maseral untuk menentukan lingkungan pengendapan gambut dan didukung oleh hasil analisis kimia. Nilai reflektansi vitrinit gambut yaitu 0,17%, diklasifikasikan sebagai gambut (peat). Tipe/komposisi maseral didominasi oleh humotelinite, humodetrinite, dan teloinertinite. Rata-rata fuel ratio menunjukkan gambut daerah penelitian termasuk kategori pangapian cukup baik. Rata-rata nilai kalori gambut 5.209 kal/gr (daf). Nilai rata-rata kadar abu dan total sulfur gambut tinggi-sedang. Tingginya kadar abu dan total sulfur mengindikasikan adanya anomali, anomali tersebut mengindikasikan pengaruh air laut pada saat akumulasi gambut pada topografi low-lying swamp. Berdasarkan plot tipe maseral pada diagram TPI-GI lingkungan pengendapan gambut pada wet forest swamp (upper delta plain).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H23049
Uncontrolled Keywords: gambut, proksimat, ultimat, maseral, lingkungan pengendapan
Subjects: G > G81 Geology Minerals Rocks Stone
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mr Rasyid Faiz Wahyuaji
Date Deposited: 24 Feb 2023 09:15
Last Modified: 24 Feb 2023 09:15
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20435

Actions (login required)

View Item View Item