Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Studi Geologi Karakteristik Endapan Paleotsunami Daerah Paseban dan Sekitarnya, Kecematan Kencong, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur

MURTI, Krisna (2019) Studi Geologi Karakteristik Endapan Paleotsunami Daerah Paseban dan Sekitarnya, Kecematan Kencong, Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB-I-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB-II-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB-III-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB-V-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Krisna Murti-H1F014029-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN E - PETA TOPOGRAFI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Salah satu wilayah Indonesia yang rawan akan terjadinya tsunami adalah bagian selatan Indonesia, keterdapatan zona subduksi antara Lempeng Indo-Australia dengan Lempeng Eurasia menjadi pemicu terjadinya bencana alam tersebut. Ring of Fire yang melewati bagian selatan pulau Jawa dapat memicu terjadinya gempa bumi yang dapat menyebabkan terjadinya tsunami apabila deretan gunung api tersebut erupsi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejarah seismik dan kejadian tsunami yang pernah terjadi, selain itu penelitian juga bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya keterdapatan endapan paleotsunami serta untuk mengetahui karakteristik endapan tersebut. Penelitian dilakukan di selatan pulau Jawa tepatnya di daerah Paseban dan sekitarnya, Kecamatan Kencong, Kabupaten Jember dengan cara mengambil sampel secara vertikal dengan kedalaman 200 cm di lapangan dan dilanjutkan dengan analisis laboratorium berupa analisis granulometri, analisis XRF (X-Ray Fluoresence), analisis mikropaleontologi, dan analisis mineralogi. Penelitian – penelitian sebelumnya dilakukan di pesisir selatan Pulau Jawa bagian barat seperti daerah Banten, Pangandaran, Cilacap, Pacitan dan kemudian bergerak ke arah timur seperti Lumajang dan Banyuwangi. Hal ini dilakukan untuk membuktikan adanya tsunami yang menerjang di pesisir selatan pulau Jawa yang diakibatkan adanya gempa besar. Ditemukan dua lapisan kandidat paleotsunami pada endapan yang berada di morfologi cekungan antar pematang (swale). Lapisan tersebut berada pada interval 100 - 127 cm dan interval 71 - 87 cm dengan ditemukannya rip-up clast dan kontak erosional dengan lapisan paleosoil di bagian bawahnya. Analisis granulometri menunjukkan bahwa lapisan paleotsunami A memiliki tebal 17 cm dengan ukuran butir lanau kasar – pasir sangat halus, sortasi sangat buruk, fine skewed - coarse skewed, kurtosis pada tipe platykurtic, dan pola kurva distribusi frekuensi bimodal. Sementara lapisan paleotsunami B memiliki tebal 16 cm dengan ukuran butir lanau kasar - pasir halus, sortasi sangat buruk, very fine skewed – symmetrical, kurtosis pada tipe platykurtic - leptokurtic, dan pola kurva distribusi frekuensi bimodal. Analisis XRF menunjukkan bahwa pada lapisan paleotsunami A dan B mengalami peningkatan unsur Ca dan Sr yang merupakan unsur penciri lingkungan laut secara signifikan. Ditemukan foraminifera bentonik (Bulimina sp.) dan pecahan – pecahan cangkang pada lapisan paleotsunami A. Sementara pada lapisan paleotsunami B ditemukan foraminifera planktonik (Globigerinoides ruber, Globigerinoides trilobus, Neogloboquadrina dutertei), foraminifera bentonik (Bolivina sp., Spiroloculina sp., Triloculina sp.), radiolaria, dan pecahan – pecahan cangkang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19241
Uncontrolled Keywords: granulometri, XRF, mikropaleontologi, mineralogi, paleotsunami, Jember
Subjects: G > G77 Geology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 24 Feb 2023 08:40
Last Modified: 24 Feb 2023 08:40
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20443

Actions (login required)

View Item View Item