Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Entrepreneurial Spirit Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sangkara Di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas

LESTARI, Ririh Sekar (2023) Entrepreneurial Spirit Dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sangkara Di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (COVER)
COVER - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf

Download (379kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (ABSTRAK)
ABSTRAKS - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf

Download (377kB)
[img] PDF (BABI)
BAB I - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BABII)
BAB II - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BABIII)
BAB III - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 27 February 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BABIV)
BAB IV - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (BABV)
BAB V - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf

Download (573kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf

Download (984kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - RIRIH SEKAR LESTARI - F1B019017 - SKRIPSI - 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Entrepreneutial Spirit dalam Pengelolaan BUMDes Sangkara di Desa Panembangan, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas. Latar belakang penelitian ini didasari pada banyaknya BUMDes di Kabupaten Banyumas yang masih banyak yang tidak berjalan atau aktif, dikarenakan pemerinah desa tidak mengalokasikan dana usaha, pengurus BUMDes tidak memahami peluang usaha, dan pemerintah desa belum mempunyai komitmen untuk mengaktifkan BUMDes. Namun, terdapat salah satu BUMDes yang suskses dalam berkontribusi dalam perekonomian desa adalah BUMDes Sangkara di Desa Panembangan. BUMDes Sangkara memiliki beberapa unit usaha yaitu, rumah makan maempir galengan dan coffe paste, sukan river tubing, wifi desa/toko sangkara. Terdapat penambahan unit usaha baru yaitu svarga minapadi dan alun-alun Desa Panembangan. Hal ini mengindikasikan pengelolaan usaha bisnis dalam persepektif pemerintahan dengan semangat kewirausahaan dalam pengelolaan BUMdes dianggap berhasil dan dapat menjadi contoh bagi BUMDes yang lain. Tujuan dari penelitian adalah untuk memetakan dan mendeskripsikan penerapana entrepreneurial spirit dalam pengelolaan BUMDes Sangkara. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Fokus dari penelitian ini adalah bagaimana Entrepreneurial Spirit dalam BUMDes Sangkara yang diteliti dengan teori dari Tripopsakul yang terdiri dari Opportunity Recognition, Self-skill Perception, Entrepreneurial Networking, Fear of Failure, Ease of Doing Business, dan Entrepreneurial Intent. Teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang kemudian dianalisis menggunakan metode analisis interaktif. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan BUMDes Sangkara berdasarkan entrepreneurial spirit yang dianalisis melalui aspek opportunity recognition, Self-skill Perception, Entrepreneurial Networking, Fear of Failure, Ease of Doing Business, dan Entrepreneurial Intent sudah baik. Pada aspek opportunity recognition pengurus BUMDes sudah mampu memasarkan produk, memanfaatkan peluang, dan mampu menciptakan jenis usaha yang berbeda. Pada aspek Self-skill Perception pengurus BUMDes sudah mampu dalam mencetuskan ide, memecahkan masalah, dan menggali sumber daya. Pada aspek Entrepreneurial Networking pengurus BUMDes dapat bekerjasama dengan pihak lain melalui MoU, mampu merespon perkembangan masyarakat, dan pembagian pendapatan dengan pihak lain yang sudah jelas tertuang dalam MoU. Pada aspek Fear of Failure sudah sudah mampu dalam mengambil keputusan yang didukung ketegasan direktur BUMDes dalam mencapai target. Pada aspek Ease of Doing Business BUMDes mempunyai dukungan dari permodalan dan peraturan yang mendukung. Pada aspek Entrepreneurial Intent pengurus BUMDes memiliki sifat pekerja keras, tekun, dan didukung dengan koordinasi yang baik. Kata Kunci: Manajemen, BUMDes, Entrepreneurial Spirit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23077
Uncontrolled Keywords: Manajemen (Management), BUMDes, Entrepreneurial Spirit.
Subjects: B > B412 Business
M > M35 Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs LESTARI Ririh Sekar
Date Deposited: 27 Feb 2023 01:07
Last Modified: 27 Feb 2023 01:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20467

Actions (login required)

View Item View Item