AZIFURRAHMAN, DAVIQ (2019) Kajian Perilaku Keruntuhan Jembatan Merah Sungai Serayu dengan Metode Analisis Time History Berdasarkan Riwayat Gempa. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 28 February 2024. Download (2MB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 28 February 2024. Download (14MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 28 February 2024. Download (15MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR-PUSTAKA-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Dafiq Azifurrahman-H1B015057-Skripsi-Teknik-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
Abstract
Jembatan Merah Sungai Serayu merupakan jembatan peninggalan Belanda yang difungsikan sebagai jembatan kereta api pada tahun 1896 sampai 1942. Melihat kondisi jembatan yang terbilang sudah cukup tua dan akibat adanya pengalihfungsian tersebut maka dirasa perlu untuk dilakukan analisis lebih lanjut terhadap keamanan jembatan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perilaku Jembatan Merah Serayu ketika dikenai beban diantaranya besar displacement, performance level, dan ragam shape mode sehingga dapat diketahui tingkat keamanan Jembatan Merah Serayu dalam menahan beban yang bekerja terutama terhadap beban gempa yang sekarang ini sedang banyak terjadi di Indonesia. Analisis Jembatan Merah ini berpedoman pada SNI 1725:2016 tentang pembebanan untuk jembatan sedangkan analisis beban gempa menggunakan metode time history, dimana tata cara analisis Jembatan Merah Serayu dilakukan dengan memodelkan jembatan pada software SAP 2000 dan memasukan beban linear yang ada, kemudian dilakukan optimasi terhadap profil – profil yang digunakan pada jembatan sebesar 8-9,5 kali untuk mendapatkan kondisi aman sehingga analisis time history dapat dilakukan, dimana langkah analisis time history dilakukan dengan memasukan data ground motion dari keempat station gempa yaitu El-Centro #1, El-Centro #13, Pacoima Dam, dan Sakai. Dari hasil penelitian diperoleh nilai displacement maksimum yang terjadi sebesar 0,142 m dengan drift ratio 2,191% yang mengindikasikan performance level berada pada kondisi damage control atau belum mengalami kerusakan yang berat dan belum pada ambang batas keruntuhan. Selain itu, jika dilihat dari bentuk shape mode yang terjadi didapat pergerakan tertinggi yaitu pada arah Ux pada mode 13 dengan nilai 0,486 sehingga Ux merupakan sumbu dominan akibat adanya gempa dengan arah gempa sejajar panjang jembatan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19243 |
Uncontrolled Keywords: | KODEPRODI22201#Teknik Sipil |
Subjects: | B > B359 Bridge |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:05 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:37 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20520 |
Actions (login required)
View Item |