Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Ulasan Food Vlogger di YouTube sebagai Electronic Word of Mouth terhadap Sikap Konsumen, Citra Merek, dan Niat Membeli Produk Makanan (Studi pada Penonton Channel YouTube Tanboy Kun)

AULIA, Aidha Nurul (2023) Pengaruh Ulasan Food Vlogger di YouTube sebagai Electronic Word of Mouth terhadap Sikap Konsumen, Citra Merek, dan Niat Membeli Produk Makanan (Studi pada Penonton Channel YouTube Tanboy Kun). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Aidha Nurul Aulia-C1B091081-Skripsi-2023.pdf

Download (90kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2024.

Download (642kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 3 March 2024.

Download (614kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 March 2024.

Download (630kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (717kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-Skripsi-2023.pdf

Download (251kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-2023.pdf

Download (533kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Aidha Nurul Aulia-C1B019081-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh electronic word of mouth (E-WOM) pada video ulasan food vlogger di Youtube terhadap sikap konsumen, citra merek dan niat membeli produk makanan. Electronic word of mouth dalam penelitian ini memiliki dimensi yang terdiri dari Kualitas E-WOM, Kredibilitas E-WOM, Keahlian Pengulas dan Pengaruh Informasi. Survei dilakukan terhadap 172 penonton video ulasan pada channel Youtube Tanboy Kun. Model penelitian diuji secara empiris melalui Partial Least Square. Hasil penelitian menunjukan bahwa electronic word of mouth berpengaruh positif signifikan terhadap niat membeli produk makanan dan sikap konsumen, dimana E-WOM memberikan pengaruh terbesar. Selanjutnya, sikap konsumen turut berpengaruh positif signifikan terhadap niat membeli produk makanan. Berikutnya, ditemukan pula bahwa E-WOM berpengaruh positif signifikan terhadap citra merek. Akan tetapi, citra merek ditemukan tidak berpengaruh terhadap niat membeli produk makanan. Studi ini memberikan implikasi yang signifikan bagi praktisi terutama untuk kepentingan industri kuliner hendaknya memilih food vlogger berdasarkan kualitas E-WOM, kredibilitas E-WOM, keahlian mengulas dan pengaruh informasi konten ulasan. Kemudian, untuk akademisi hendaknya mengkaji ulang pengaruh E-WOM pada food vlogger terhadap variabel lainnya atau pun karakteristik food vlogger tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23107
Uncontrolled Keywords: Electronic word of mouth, sikap konsumen, citra merek, niat membeli
Subjects: I > I260 Internet marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen
Depositing User: Mrs AULI Aidha Nurul
Date Deposited: 03 Mar 2023 00:55
Last Modified: 03 Mar 2023 00:55
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20564

Actions (login required)

View Item View Item