Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kapasitas Sumber Daya (Resources) dalam Melaksanakan Agenda Perencanaan Pembangunan Daerah di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga

FEBRIANTI, Riski (2023) Kapasitas Sumber Daya (Resources) dalam Melaksanakan Agenda Perencanaan Pembangunan Daerah di Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf

Download (629kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (668kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (706kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (672kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf

Download (634kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf

Download (739kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Riski Febrianti-F1B019053-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tren penurunan rasio capaian skor komponen perencanaan pada penilaian SAKIP Kabupaten Purbalingga selama 5 tahun terakhir terhitung sejak tahun 2017 – 2021 yang merupakan alat untuk menilai kualitas dari produk perencanaan pembangunan daerah. Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga sebagai fungsi penunjang urusan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan daerah memiliki tugas untuk memastikan perencanaan pembangunan daerah yang dihasilkan melalui pelaksanaan fungsinya berdasarkan peraturan perundang – undangan memiliki kualitas yang baik. Namun, adanya tren penurunan rasio capaian skor komponen perencanaan tersebut mengindikasikan adanya kegagalan dalam pencapaian target. Kegagalan pencapaian target perencanaan pembangunan daerah ditunjukan melalui kurangnya dukungan kapasitas sumber daya (resources) yang dimiliki, sehingga penelitian ini ingin melihat mengapa kapasitas sumber daya (resources) yang dimiliki belum optimal. Penelitian ini menggunakan teori kapasitas sumber daya menurut Horton (2003) yang terdiri dari sumber daya manusia, infrastruktur, teknologi, dan keuangan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pemilihan informan menggunakan teknik purposive sampling. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model interaktif analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana, serta melakukan uji validitas data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Purbalingga memiliki kapasitas sumber daya yang belum optimal, meskipun sumber daya yang dimiliki cukup memadai terdiri dari Sumber Daya Manusia dengan jenjang dan latar belakang pendidikan yang didominasi oleh S1, S2 dan telah sesuai dengan jabatan, serta memiliki masa kerja yang baik, infrastruktur yang memadai, serta teknologi yang sudah berjalan, namun selama 5 tahun terakhir dengan latar belakang dan jenjang pendidikan beberapa pegawai yang tidak sesuai dengan jabatan, inkonsistensi regulasi, serta anggaran yang terbatas, Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah belum begitu siap untuk menghadapi perubahan – perubahan yang terjadi. Kuantitas Sumber Daya Manusia yang belum optimal juga belum secara maksimal diberi pelatihan – pelatihan khusus termasuk kurangnya pendidikan dan pelatihan teknis karena terkendala anggaran yang terbatas. Sehingga pelaksanaan kinerja menjadi tidak optimal ditunjukan dengan adanya tren penurunan rasio capaian skor komponen perencanaan pada 5 tahun terakhir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23091
Uncontrolled Keywords: kapasitas sumber daya, resources, perencanaan pembangunan daerah
Subjects: R > R171 Regional planning
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs RISKI FEBRIANTI
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:07
Last Modified: 08 Mar 2023 06:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20588

Actions (login required)

View Item View Item