BRILIANTORO, Bangkit (2019) Perbandingan Penentuan Lokasi Rawan Kecelakaan dengan Menggunakan Metode Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK) dan Teknik Konflik Lalu Lintas di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Bangkit Briliantoro-H1D014034-Skripsi-FT-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Kecelakaan lalu lintas merupakan salah satu masalah serius yang dihadapi oleh Pemerintah Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) dari tahun 2013 hingga tahun 2017 angka kecelakaan cenderung mengalami peningkatan dari 100.106 menjadi 103.228 kecelakaan. Salah satu upaya untuk mengurangi angka kecelakaan yaitu dengan menentukan dan memberi penanganan terhadap lokasi rawan kecelakaan, namun untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan perlu adanya korban baik harta maupun jiwa. Oleh sebab itu perlu adanya pendekatan lain untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan, salah satunya dengan pendekatan Teknik Konflik Lalu Lintas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan lokasi rawan kecelakaan dengan pendekatan Teknik Konflik Lalu Lintas. Sehingga, lokasi rawan kecelakaan lalu lintas dapat diprediksi sebelum insiden kecelakaan terjadi dengan pembobotan Teknik Konflik Lalu Lintas. Penelitian ini dilakukan pada sepuluh ruas jalan di Kabupaten Purbalingga. sampel ruas jalan diperoleh berdasarkan lokasi rawan kecelakaan hasil pembobotan Metode Angka Ekuivalen Kecelakaan pada tahun 2016, 2017 dan 2018. Pembobotan Teknik Konflik Lalu Lintas dilakukan menggunakan Time to-Accident dengan menggunakan grafik tingkat keparahan konflik yang kemudian dibobot dengan interval 1 sampai 9. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Teknik Konflik Lalu Lintas dapat menggambarkan lokasi rawan kecelakaan berdasarkan metode Angka Ekuivalen Kecelakaan namun Teknik Konflik Lalu Lintas masih memiliki beberapa kekurangan pertimbangan seperti pengaruh geometrik jalan dan fungsi tata lahan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19261 |
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan lalu lintas, lokasi rawan kecelakaan, metode angka ekuivalen kecelakaan, teknik konflik lalu lintas. |
Subjects: | T > T255 Traffic accidents |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 16 Mar 2023 08:05 |
Last Modified: | 16 Mar 2023 08:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20634 |
Actions (login required)
View Item |