Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Efektivitas Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Fisip Unsoed

SYAFRIDA, Rezha (2023) Pengaruh Motivasi Belajar dan Fasilitas Belajar terhadap Efektivitas Kebijakan Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19 pada Mahasiswa Fisip Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (322kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (404kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2024.

Download (331kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2024.

Download (558kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only until 24 March 2024.

Download (757kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (312kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rezha Syafrida-F1B019078-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Efektivitas kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 adalah kebijakan pembelajaran baru yang diberlakukan kembali setelah melakukan pembelajaran daring. hal itu memungkinkan terjadinya perubahan motivasi dan fasilitas belajar selama pandemi covid-19, yang mana perubahan tersebut dapat mempengaruhi efektivitas kebijakan pembelajaran. Fisip Unsoed adalah salah satu instansi yang mengalami perubahan kebijakan pembelajaran tersebut, sehingga perubahan motivasi belajar dan fasilitas belajar pada mahasiswa Fisisp dapat mempengaruhi pencapaian tujuan pembelajaran di Fisip. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap efektivitas kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif asosiatif dengan jumlah sampel 93 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel Proportionate stratified random sampling. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Korelasi Kendall Tau-b, Koefisien Konkordasi Kendall’s W, dan Analisis Regresi Ordinal. Hasil analisis menunjukkan bahwa efektivitas kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 di Fisip Unsoed berada pada kategori baik (59,1%). Kemudian tingkat motivasi belajar pada kebijakan pembelajaran ini adalah baik (48,4%) dan kondisi fasilitas belajar pasca pandemi juga baik (63,4%). Hasil korelasi Kendall Tau-b dan Konkordasi Kendall’s W menunjukkan bahwa kedua variabel bebas memiliki hubungan baik secara parsial dan stimultan pada efektivitas kebijakan pembelajaran. Kemudian analisis Regresi Ordinal juga menunjukkan bahwa kedua variabel bebas berpengaruh secara positif dan siginifikan terhadap variabel terikat. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar dan fasilitas belajar terhadap efektivitas kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 pada mahasiswa Fisip Unsoed.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23092
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Kebijakan Pembelajaran, Motivasi Efektivitas Kebijakan Pembelajaran, Motivasi Belajar, Fasilitas Belajar, Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19
Subjects: E > E69 Education
G > G193 Government policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs SYAFRIDA Rezha
Date Deposited: 24 Mar 2023 06:34
Last Modified: 24 Mar 2023 06:34
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20664

Actions (login required)

View Item View Item