Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Program Kartu Banyumas Pintar (KBP) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Studi Kasus di SMP Wilayah Kecamatan Purwokerto Timur)

KHOIRUNNISA, Ilvia (2023) Implementasi Program Kartu Banyumas Pintar (KBP) Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) (Studi Kasus di SMP Wilayah Kecamatan Purwokerto Timur). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115_.pdf

Download (83kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115 -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115_.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115 -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115 -.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA- ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115 -.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN - ILVIA KHOIRUNNISA - F1B016115-.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Banyumas mengembangkan potensi program pendidikan di daerahnya melalui Peraturan Bupati Nomor 17 tahun 2012 Tentang Tata Cara-Cara Penganggaran, Pelaksanaan dan Penatausahaan, Pertanggungjawaban dan Pelaporan, Monitoring & Evaluasi, Hibah dan Bansos Sumber Dari APBD Kabupaten Banyumas. Program KBP dinilai memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan Pendidikan di Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan model implementasi kebijakan perspektif What’s Happening yang dikemukakan oleh Randall B. Ripley & Franklin mencakup beberapa aspek yaitu: Aktor yang terlibat, Kejelasan Tujuan, Perkembangan dan Kerumitan program, Partisipasi terhadap Program, Faktor – faktor yang mempengaruhi implementasi serta aspek aspek lain yang digunakan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas ketika menetapkan Surat Keputusan Bupati Banyumas Nomor 17 Tahun 2012 tujuan dari KBP . Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Sasaran penelitiannya adalah Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, SMP Penerima Program KBP, dan Orangtua murid penerima program KBP. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode analisis interaktif. Untuk mewujudkan keabsahan data, digunakan kriteria derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan dan kepastian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program yang dipilih berdasarkan aspek Aktor yang terlibat program Kartu Banyumas Pintar bagi siswa sekolah menengah pertama di Kecamatan Purwokerto Timur Kabupaten Banyumas mempermudah jalannya program ditandai sudah komunikatif dan kooperatif dalam menerima program. Aspek Kejelasan Tujuan pihak sasaran penerima program sudah menggunakan sesuai peruntukkannya & sudah tepat sasaran pihak sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menjalankan tugasnya dalam menyalurkan bantuan program KBP. Aspek Perkembangan dan Kerumitan Program perilaku siswa menjadi lebih rajin, sosialisasi sudah dilakukan sesuai pedoman pelaksanaan program KBP oleh pihak sekolah dan Dinas Pendidikan. Berdasarkan aspek Partisipasi terhadap Program bentuk pengawasan dilakukan oleh Pihak Dinas Pendidikan, Sekolah & Orangtua dengan memantau pertanggungjawaban dana KBP, bukti kuitansi. Aspek Faktor – faktor yang mempengaruhi implementasi apabila ada penyelewengan maka akan diberikan sanksi berupa tidak diusulkan kembali menjadi penerima bantuan. Aspek yang digunakan untuk menerapkan program KBP berdasarkan keberhasilan kebijakan serupa di daerah lain yang di adopsi oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas. Adopsi kebijakan serupa merupakan kriteria dalam Implementasi program KBP sebagai pengembangan potensi program kebijakan pendidikan di Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23094
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kartu Banyumas Pintar, Sasaran Penerima Program
Subjects: A > A518 Arts Government policy
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs KHOIRUNNISA Ilvia
Date Deposited: 28 Mar 2023 01:06
Last Modified: 28 Mar 2023 01:06
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20680

Actions (login required)

View Item View Item