Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Dampak Inkubasi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha Keluarga Penerima Manfaat PKH Kabupaten Brebes

FAUZI, Achmad Ridwan (2023) Analisis Dampak Inkubasi Bisnis Terhadap Kinerja Usaha Keluarga Penerima Manfaat PKH Kabupaten Brebes. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (128kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Babl)
BAB-I-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] PDF (Babll)
BAB-ll-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB)
[img] PDF (Bablll)
BAB-lll-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BablV)
BAB-IV-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR-PUSTAKA-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf

Download (194kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-AchmadRidwanFauzi-C1A019062-Skripsi-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemiskinan merupakan permasalahan besar yang tidak pernah lepas untuk dihadapi setiap negara terutama bagi negara berkembang. Pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia telah mengupayakan dalam menghadapi sekaligus menanggulangi kemiskinan yaitu dengan adanya Program Keluarga Harapan (PKH). Untuk menciptakan efektivitas dalam keberhasilan penyaluran bantuan sosial PKH sekaligus tujuan dari PKH tercapai diperlukan inovasi program lanjutan yang mendukung. Inovasi program tersebut yaitu “Program Kewirausahaan Sosial” (PROKUS) yang mana kegiatannya melakukan pendampingan atau inkubasi terhadap usaha keluarga penerima manfaat PKH. Program ini bertujuan untuk menciptakan kemandirian bagi keluarga penerima manfaat (KPM) dengan potensi usaha yang dimiliki, sehingga diharapkan para KPM ini bisa lebih berkembang dan membantu pemerintah untuk mempercepat upaya pengentasan kemiskinan di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas pelaksanaan inkubasi yang dilakukan kepada KPM PKH kabupaten Brebes, Jawa Tengah dan untuk menganalisis keuntungan usaha sebelum dan sesudah dari adanya inkubasi. Penelitian ini dilakukan di kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Populasi dari penelitian ini adalah 300 KPM PKH. Ukuran sampel ditentukan dengan rumus Taro Yamane dan diperoleh 75 KPM PKH. Sampel dipilih dengan teknik probability sampling. Penelitian menggunakan data primer dan teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara berdasarkan kuesioner. Efektivitas pelaksanaan inkubasi diuraikan secara deskriptif. Selain itu peneliti menganalisis perbandingan keuntungan usaha sebelum dan sesudah inkubasi menggunakan uji beda rata-rata (wilcoxon signed rank test). Hasil dari penelitian ini adalah tingkat efektivitas keseluruhan dari kegiatan inkubasi yang dilakukan kepada KPM PKH termasuk dalam kategori efektif. Dari 8 kegiatan inkubasi yang diberikan, terdapat 7 kegiatan inkubasi yang sudah tergolong efektif tetapi terdapat 1 kegiatan inkubasi yang tidak efektif. Penelitian ini juga menunjukkan terdapat perbedaan rata-rata keuntungan usaha sebelum dan sesudah inkubasi. Rata-rata keuntungan sesudah inkubasi lebih besar, sehingga inkubasi bisnis memberikan dampak positif bagi keuntungan usaha KPM. Implikasi dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kinerja usaha bagi KPM PKH, maka KPM sebaiknya mengikuti kegiatan inkubasi bisnis. Inkubasi bisnis memberikan banyak manfaat seperti meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, menciptakan nilai tambah usaha, dan meningkatkan keuntungan usaha. Kementerian Sosial diharapkan terus melaksanakan program ini secara berkelanjutan agar dampak yang dihasilkan untuk jangka panjang khususnya bagi KPM PKH menjadi lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23130
Uncontrolled Keywords: Inkubasi bisnis, Program Kewirausahaan Sosial, Program Keluarga Harapan, Kinerja usaha, Keuntungan usaha, Keluarga Penerima Manfaat
Subjects: E > E356 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mr Achmad Ridwan Fauzi
Date Deposited: 29 Mar 2023 06:03
Last Modified: 29 Mar 2023 06:03
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20706

Actions (login required)

View Item View Item