CHIKMAH, Arina Ulil (2019) Metode Angka Ekuivalen Kecelakaan dan Pembobotan Parameter Geometrik Jalan untuk Menentukan Perbandingan Lokasi Rawan Kecelakaan di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER- Arina Ulil Chikmah- H1B015037-Tugas Akhir-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS - Arina Ulil Chikmah-2019..pdf Restricted to Repository staff only Download (18MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019..pdf Download (18MB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB I-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (525kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB II-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB III-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB IV-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB V-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Download (1MB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Arina Ulil Chikmah- H1B015037-Tugas Akhir-2019.pdf Download (26MB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Arina Ulil Chikmah-Tugas Akhir-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (26MB) |
Abstract
Kabupaten Purbalingga memiliki tingkat kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi. Kondisi geometrik jalan menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Perlu dilakukan penentuan lokasi rawan kecelakaan agar dapat ditentukan tindakan yang tepat untuk mengurangi tingkat fatalitas kecelakaan yang terjadi. Lokasi rawan kecelakaan ditentukan menggunakan metode Upper Control Limit (UCL) yang dibandingkan dengan nilai Angka Ekuivalen Kecelakaan (AEK). Namun, metode ini dapat digunakan setelah adanya korban kecelakaan lalu lintas sehingga dilakukan penentuan lokasi rawan menggunakan metode pendekatan lain yaitu metode pembobotan parameter geometrik jalan. Parameter geometrik jalan memiliki besar pengaruh yang berbeda-beda, sehingga perlu ditentukan besar koefisien yang menggambarkan besar pengaruh setiap parameter geometrik terhadap kecelakaan lalu lintas. Koefisien ditentukan menggunakan metode Analytic Hierarchy Process (AHP). Hasil analisis menunjukan bahwa koefisien AHP memberikan pengaruh terhadap pembobotan parameter geometrik jalan dengan nilai koefisien terbesarnya adalah kecepatan kendaraan. Ruas jalan yang masuk dalam kategori rawan kecelakaan berdasarkan pembobotan koefiisen parameter geometrik jalan adalah Jalan Raya Turut Desa Tlahab, Jalan Raya turut Desa Serang, Jalan Raya Mayjend Sungkono Desa Kalimanah Wetan dan Jalan Raya AW. Sumarmo Desa Kembaran Kulon.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H19278 |
Uncontrolled Keywords: | geometrik jalan, lokasi rawan kecelakaan, Analytic Hierarchy Process (AHP), Upper Control Limit (UCL), Z-Score |
Subjects: | A > A310 Analytic geometry R > R285 Roads |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:40 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:40 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20712 |
Actions (login required)
View Item |