Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Model Pemilihan Moda Angkutan Umum Penumpang Antara Bus Rapid Transit (BRT) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) (Studi Kasus Purwokerto-Purbalingga)

WIBOWO, Rofi Rian Satria (2019) Model Pemilihan Moda Angkutan Umum Penumpang Antara Bus Rapid Transit (BRT) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) (Studi Kasus Purwokerto-Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 April 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 April 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only until 6 April 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-ROFI RIAN SATRIA WIBOWO-H1B015036-SKRIPSI-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Sebagian masyarakat Purwokerto dan Purbalingga dalam keseharianya untuk memenuhi pergerakan menuju tempat tujuan mengandalkan bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Bus AKDP sangat diandalkan sebab hanya terdapat moda bus AKDP sebagai moda transportasi umum jarak menengah. Banyaknya kekurangan dari segi fasilitas dan pelayanan moda bus AKDP membuat Pemerintah merumuskan moda baru yaitu Bus Rapid Transit (BRT). Dengan keunggulan yang ada, diharapkan pengguna moda lama mau beralih menggunakan moda baru. Kenyataan dilapangan berbeda, dengan nilai load faktor BRT pada bulan Juli 2019 menunjukkan angka 69 persen dan dibawah 70 persen mengindikasikan antusias masyarakat terhadap moda baru kurang. Dari hal tersebut muncul sebuah preferensi pemilihan moda antara moda lama (bus AKDP) dan moda baru (BRT). Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui karakteristik umum pengguna bus AKDP, memodelkan pemilihan moda agar dapat diketahui potensi penggunaan moda, atribut perjalanan yang berpengaruh berdasarkan lima atribut terpilih untuk diuji yaitu biaya perjalanan, waktu tempuh, headway, tingkat pelayanan/ fasilitas didalam moda dan tingkat pelayanan/ fasilitas diluar moda (lokasi halte BRT), serta mengestimasi koefisien elastisitas dan nilai sensitivitas pelaku perjalanan dalam menentukan pilihan moda antara Bus Rapid Transit (BRT) dan Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP). Metode yang digunakan adalah stated preference. Metode stated preference merupakan teknik survey yang dilakukan berdasarkan pertanyaan andaian (hipotesis) yang dihubungkan dengaan atribut-atribut baru. Penelitian ini menyediakan delapan skenario kombinasi atribut pada desain kuisioner yang mengacu pendapat Cohcran dan Cox. Data yang dibutuhkan adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui kuisioner dengan teknik wawancara terhadap responden pengguna bus AKDP. Data sekunder diperoleh dari Balai TransJateng, Balai Perhubungan Wilayah V Dinas Perhubungan Kabupaten Banyumas dan Kantor Layanan Terminal Bulupitu, Purwokerto. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan model logit binomial selisih dengan regresi linier berganda pada program Microsoft Excel 2013. Model terpilih dibedakan berdarakan golongan pelajar, buruh, veteran dan golongan masyarakat umum. Model pemilihan moda terbaik yang didapatkan yaitu: UBRT–Ubus AKDP (pelajar, buruh, veteran) = 87,0333 – 0,04841 X1–15,7834 X3 + 11,8005 X5 UBRT–Ubus AKDP (masyarakat umum) = -110,3729 – 0,0169 X1 – 9,5795 X2 – 11,6920 X3 + 495,7758 X4 + 23,9750 X5. Dimana, X1 = selisih biaya perjalanan BRT dan bus AKDP X2 = selisih waktu tempuh antara BRT dan bus AKDP X3 = selisih headway antara BRT dan bus AKDP X4 = selisih tingkat pelayanan antara BRT dan bus AKDP X5 = selisih lokasi halte antara BRT dan bus AKDP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H19282
Uncontrolled Keywords: model pemilihan moda, stated preference, logit binomial selisih, regresi linier berganda, elastisitas, sensitivitas
Subjects: T > T283 Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 06 Apr 2023 02:05
Last Modified: 06 Apr 2023 02:05
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20748

Actions (login required)

View Item View Item