Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Geologi dan Penentuan Zona Kerentanan Gerakan Tanah dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Daerah Jingkang dan Sekitarnya, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah

SITORUS, Yosafat (2019) Geologi dan Penentuan Zona Kerentanan Gerakan Tanah dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Daerah Jingkang dan Sekitarnya, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Diploma thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (cover)
1. COVER-Yosafat Sitorus-H1F014010-Sripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-FT-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-Yosafat Sitorus-H1F014010-Skripsi-FT-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-H1F014010-Skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN A.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35MB)

Abstract

Daerah Jingkang dan sekitarnya, Kecamatan, Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah merupakan daerah yang cukup tinggi terhadap ancaman gerakan tanah. Hal ini terbukti dari banyaknya lokasi gerakan tanah yang ditemukan dan telah menimbulkan kerugian. Beberapa faktor utama penyebab terjadinya gerakan tanah antara lain adalah kondisi alam dan aktivitas manusia. Faktor alam yang menjadi penyebab terjadinya gerakan tanah antara lain tingginya curah hujan, kondisi batuan, struktur geologi, dan faktor kemiringan lereng. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk menjelaskan keadaan geologi pada daerah penelitian dan melakukan analisis hubungan kondisi geologi yang ada pada daerah penelitian terhadap gerakan tanah pada daerah penelitian. Metode studi geologi dilakukan penelitian lapangan dan analisis laboratorium: analisis geomorfologi, analisis mikropaleontologi, analisis stratigrafi, analisis petrografi, analisis struktur geologi. Hasil dari penelitian ini adalah geologi daerah penelitian yang terdiri dari 3 satuan geomorfologi yaitu satuan perbukitan struktural (S4) dan satuan perbukitan vulkanik aliran lava (V9), dan satuan perbukitan vulkanik (V4). Kemudian di daerah penelitian ditemukan struktur geologi yaitu Sesar Mendatar Kiri Kali Tambra, dan Sesar Mendatar Kanan Kali Lempayan. Stratigrafi daerah penelitian tersusun dari satuan batupasir-batulempung (Tmph), satuan lava andesit (Tmpk), dan satuan breksi Tmpk). Metode studi khusus mengunakan Analytical Hierachy Process (AHP), penilaian dan pembobotan terhadap faktor penyebab terjadinya gerakan tanah, perhitungan tersebut dikombinasikan dengan data primer dan sekunder. Data dan perhitungan dimasukkan kedalam peta parameter kemudian ditumpang susunkan (overlay) sehingga diperoleh peta zona kerentanan gerakan tanah. Hasil analisa menunjukkan daerah penelitian terbagi ke dalam 3 tingkat kerentanan gerakan tanah, yakni tingkat kerentanan rendah, rendah, menengah dan tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Nomor Inventaris: H19286
Uncontrolled Keywords: Gerakan tanah, Kondisi geologi, Zona kerentanan gerakan tanah, Analytical Hierachy Process (AHP), overlay, Daerah Jingkang, Kecamatan Karangjambu, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.
Subjects: F > F86 Faults Geology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Geologi
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 10 Apr 2023 03:23
Last Modified: 10 Apr 2023 03:23
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20771

Actions (login required)

View Item View Item