Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Program Local Project AIESEC in Unsoed dalam Mendukung SDGs No. 4

DELARIZKA, Devina (2023) Program Local Project AIESEC in Unsoed dalam Mendukung SDGs No. 4. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf

Download (225kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (473kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf

Download (376kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf

Download (234kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Devina Delarizka-F1C019002-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)

Abstract

AIESEC in Unsoed merupakan UKM tingkat Universitas yang berfokus dalam meningkatkan kepemimpinan pemuda. AIESEC melakukan program yang mendukung pembangunan berkelanjutan dunia sesuai dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), salah satunya program Local Project. Tahun 2022 AIESEC in Unsoed mengambil tema Edutopia dalam mendukung SDGs No. 4 yaitu Pendidikan Berkualitas. Dalam program ini, AIESEC in Unsoed melakukan komunikasi pemasaran sosial mengenai pentingnya pemahaman SDGs dan kepedulian terhadap masalah di lingkungan sekitar, khususnya di Banyumas dengan mengajak pemuda untuk dapat berkontribusi dengan mengikuti proyek sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran sosial Local Project AIESEC in Unsoed dalam mendukung SDGs No. 4. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan Teori Pemasaran Sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Local Project Edutopia 1.0 AIESEC in Unsoed melakukan pemasaran sosial menggunakan elemen 4P (product, price, place, promotion) dalam mendukung SDGs No. 4. Namun, strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh AIESEC in Unsoed pada Local Project Edutopia 1.0 masih fokus pada elemen promotion dengan 3 temuan baru strategi komunikasi pemasaran sosial yaitu Teknik soft selling, brand advokasi dan social media centralization, sedangkan untuk product, price dan place hanya sebagai pendukung. Keempat hal tersebut perlu didukung dengan adanya perencanaan, implementasi, monitoring dan evaluasi mulai dari menganalisis lingkungan pemasaran sosial, memilih target audiens, mendesain tujuan dan strategi komunikasi pemasaran sosial, perencanaan program pemasaran sosial, pengorganisasian dan implementasi, serta mengontrol dan evaluasi program pemasaran sosial. Kata kunci: strategi komunikasi, pemasaran sosial, AIESEC, SDGs, pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23111
Uncontrolled Keywords: strategi komunikasi, pemasaran sosial, AIESEC, SDGs, pendidikan
Subjects: C > C631 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mrs. DELARIZKA Devina
Date Deposited: 04 May 2023 01:10
Last Modified: 04 May 2023 01:10
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20873

Actions (login required)

View Item View Item