Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Metode Edupreneurship Berbasis Praktik Business Center dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Purbalingga)

JANAH, Miftahul (2023) Pengaruh Metode Edupreneurship Berbasis Praktik Business Center dan Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Berwirausaha dengan Motivasi Berwirausaha sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 4 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Miftahul Janah-C1L019031-SKRIPSI-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei yang dilakukan kepada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Purbalingga. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode edupreneurship berbasis praktik business center dan lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha dengan motivasi berwirausaha sebagai variabel mediasi. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, kuesioner tertutup, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri 1 Purbalingga tahun pelajaran 2022/2023 dengan sampel sebanyak 84 responden yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan berupa uji instrumental, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pertama, terdapat pengaruh positif metode edupreneurship berbasis praktik business center terhadap minat berwirausaha siswa; kedua, terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa; ketiga, terdapat pengaruh positif motivasi berwirausaha terhadap minat berwirausaha siswa; keempat, terdapat pengaruh positif metode edupreneurship berbasis praktik business center terhadap minat berwirausaha siswa melalui motivasi berwirausaha; dan kelima, terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat berwirausaha siswa melalui motivasi berwirausaha. Implikasi penelitian ini yaitu: sekolah diharapkan dapat meningkatkan minat berwirausaha siswa dengan memfokuskan pada terlaksananya metode edupreneurship dengan baik dengan cara rutin melakukan monitoring terhadap pelaksanaan praktik business center, mendisiplinkan siswa agar mencapai target penjualan, memberikan kenyamanan dan motivasi agar siswa semangat dalam melaksanakan praktik dengan baik, menumbuhkan rasa inisiatif dalam diri siswa, serta mengadakan pelatihan yang berkaitan dengan kegiatan kewirausahaan sehingga mampu meningkatkan ketertarikan siswa dalam bidang kewirausahaan. Guru sebaiknya meningkatkan minat berwirausaha siswa dengan pemberian materi pelajaran yang berkaitan dengan pelaksanaan praktik yang dilakukan oleh siswa. Siswa diharapkan dapat menumbuhkan minat berwirausaha dengan berinisiatif mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan kewirausahaan, merasakan manfaat dari adanya metode edupreneurship yang dijalankan sekolah, saling mendukung antar sesama teman, dan memotivasi diri agar muncul keinginan untuk berwirausaha.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23163
Uncontrolled Keywords: Metode Edupreneurship, Business Center, Lingkungan Sekolah, Motivasi Berwirausaha, dan Minat Berwirausaha
Subjects: E > E356 Entrepreneurship
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs. JANAH Miftahul
Date Deposited: 04 May 2023 01:13
Last Modified: 04 May 2023 01:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/20875

Actions (login required)

View Item View Item