GHASSANIZADA, Dhuhita (2018) Perbandingan Rerata Nilai MCQ Semester 1 Mahasiswa FK Unsoed Antar Gaya Belajar pada Tiap Dimensi Gaya Belajar Menurut Felder-Silverman. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
1. COVER-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Download (807kB) |
|
PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Download (806kB) |
|
PDF (BabI)
4. BAB-I-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (831kB) |
|
PDF (BabII)
5. BAB-II-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIII)
6. BAB-III-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only until 16 May 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
7. BAB-IV-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
8. BAB-V-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Download (791kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Download (815kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Dhuhita Ghassanizada-G1A015045-Skripsi-2019.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Latar Belakang: Kurikulum pendidikan kedokteran Indonesia terus berkembang dan dievaluasi, salah satunya melalui penilaian hasil belajar. FK unsoed menggunakan ujian tulis dalam bentuk MCQ untuk menilai hasil belajar. Menurut teori Biggs, kegiatan belajar memiliki faktor presage, process, product (3P) yang saling mempengaruhi. Gaya belajar dalam teori tersebut merupakan bagian dari faktor presage dan process, sedangkan hasil belajar dalam hal ini nilai MCQ merupakan product. Gaya belajar Felder-Silverman memiliki 4 dimensi gaya belajar yang dapat diukur dengan ILS. Di FK Unsoed, informasi mengenai gaya belajar mahasiswa belum banyak dimanfaatkan untuk evaluasi kegiatan belajar mengajar Tujuan: Mengetahui perbandingan rerata nilai MCQ semester 1 mahasiswa FK Unsoed antar berbagai gaya belajar pada tiap dimensi gaya belajar menurut FelderSilverman. Metode: Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional Populasi terjangkau merupakan mahasiswa angkatan 2017 Jurusan Kedokteran Umum FK Unsoed. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling dengan besar sampel minimal 90 orang. Hasil: Uji T tidak berpasangan pada dimensi persepsi menunjukkan nilai p=0.148 (p>0.05), pada dimensi pemrosesan nilai p=0.852 (p>0.05). Uji Mann Whitney pada dimensi input menunjukkan nilai p=0.148 (p>0.05), pada dimensi pemahaman nilai p=0.204 (p>0.05). Gaya belajar mahasiswa FK Unsoed angkatan 2017 pada tiap dimensinya yaitu sensing (81,1 persen), visual (84.4 persen), aktif (68.9 persen), dan global (58.9 persen). Kesimpulan: Tidak terdapat perbedaan bermakna rerata nilai MCQ semester 1 mahasiswa FK Unsoed antar gaya belajar pada tiap dimensi gaya belajar menurut Felder-Silverman. Kata Kunci: Felder-Silverman, gaya belajar, hasil belajar, nilai MCQ
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | G19003 |
Uncontrolled Keywords: | Felder-Silverman, gaya belajar, hasil belajar, nilai MCQ |
Subjects: | A > A484 Art Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter |
Depositing User: | Mr soiman soiman |
Date Deposited: | 16 May 2023 01:55 |
Last Modified: | 16 May 2023 01:55 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21063 |
Actions (login required)
View Item |