Perlindungan Hukum terhadap Penonton sebagai Konsumen Jasa Hiburan Akibat Pembatalan Konser Musik oleh Pihak Promotor Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen

UTAMI, Katrina Nur (2017) Perlindungan Hukum terhadap Penonton sebagai Konsumen Jasa Hiburan Akibat Pembatalan Konser Musik oleh Pihak Promotor Menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BabII)
bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (367kB)
[img] PDF (BabIII)
bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pustaka_1.pdf

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perlindungan hukum terhadap penonton sebagai konsumen jasa hiburan akibat pembatalan konser musik oleh pihak promotor menurut undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen”. Latar belakang penelitian ini adalah disebabkan tindakan promotor konser yang merugikan penonton sebagai konsumen jasa hiburan akibat pembatalan konser musik dengan tidak mengembalikan uang (refund) tiket yang telah dibeli oleh para penonton konser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek hukum perlindungan terhadap penonton konser sebagai konsumen dari pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku usaha, yakni promotor dalam menyelenggarakan konser musik ditinjau dari undang-undang Nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan menggambarkan suatu objek atau peristiwa. Pengumpulan data melalui penelusuran kepustakaan terhadap peraturan perundang-undangan yang terkait. Data diuraikan dalam bentuk teks naratif secara sistematis. Metode analisis data yang digunakan adalah metode normatif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa undang-undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen belum dapat memberikan perlindungan secara sepenuhnya terhadap penonton konser dalam kedudukannya sebagai konsumen jasa hiburan dalam penyelenggaraan konser musik. Hal ini dikarenakan masih banyak terjadi pelanggaran yang dilakukan promotor atas ketentuan pasal dalam undang - undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen yang menimbulkan kerugian bagi penonton konser. Berdasarkan penelitian tersebut, maka pemerintah hendaknya mengambil tindakan tegas ketika ditemukan pelanggaran-pelanggaran, pelaku usaha yakni promotor konser musik yang tidak mengembalikan uang tiket penonton karena konser dibatalkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17256
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Konsumen, Konser Musik
Subjects: C > C792 Consumer protection
L > L106 Legal aid
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs Sri Hartati
Date Deposited: 02 Nov 2018 01:44
Last Modified: 11 Aug 2020 02:13
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year