Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Tuna Rungu Wicara Di SLB-B Yakut Purwokerto

EGARINI, Divanka Alci (2023) Game Edukasi Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Anak Tuna Rungu Wicara Di SLB-B Yakut Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf

Download (754kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (4MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 19 May 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf

Download (524kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Divanka Alci Egarini-H1D018023-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan game untuk berbagai platform pada saat ini sangatlah pesat dengan berbagai jenis genre salah satunya adalah game edukasi. Namun kurangnya minat pada game edukasi mengakibatkan game edukasi berada di tingkat kepopularitasan yang kurang juga. Padahal di lain sisi game edukasi memiliki peran yang sangat baik untuk melatih dan membentuk karakter seorang individu yang lebih baik. Pada penelitian ini penulis mengembangkan game edukasi untuk siswa/i kelas X di SLB B Yakut Purwokerto. Jenis penelitian dan pengembangan pada penelitian ini metode pengembangan Game Development Life Cycle (GDLC). Selain itu dilakukan juga uji kelayakan dan menggunakan metode User Acceptance Testing (UAT) yaitu melakukan Blackbox testing pada produk beta dan mengambil hasil kuesioner yang dibagikan pada para ahli dan subjek penelitian dengan skala likert untuk menentukan tingkat keberhasilan game. Game edukasi ini memiliki tiga menu utama yaitu Menu Play, Menu Book, dan Menu Quiz dengan kategori “Layak”. Menu Play menyajikan permainan permainan labirin yang memiliki tiga level dengan tingkat kesulitan yang beragam Menu Book berisikan materi mengenai rantai makanan yang dapat dibaca oleh pengguna serta disediakan pula video pembelajaran yang dapat membantu pengguna memahami materi. Menu Quiz menyajikan sejumlah 20 soal yang digunakan sebagai evaluasi. Hasil dari pengujian dalam penelitian ini membuktikan bahwa game Way Out layak digunakan sebagai media pembelajaran rantai makanan. Hasil dari pengujian UAT mendapatkan persentase sebesar 77,33 % dengan kategori “Layak”. Selain itu pada hasil pengujian validitas ahli media menunjukkan game edukasi Way Out mendapatkan nilai dengan persentase sebesar 98% dengan kriteria “Sangat Layak”. Sedangkan pada penilaian validitas dari ahli materi didapatkan persentase sebesar 76% dengan kriteria “Layak”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H23085
Uncontrolled Keywords: Game Edukasi, Tunarungu-wicara, Unity, Rantai Makanan.
Subjects: E > E76 Educational games
I > I141 Information technology
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika
Depositing User: Mrs. EGARINI Divanka Alci
Date Deposited: 19 May 2023 01:09
Last Modified: 19 May 2023 01:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21198

Actions (login required)

View Item View Item