KARTIKASARI, Kartikasari (2023) Patient Satisfaction sebagai Variabel Mediasi Hospital Service Quality, Patient Empowerment, dan Facility Environment dengan Patient Loyalty. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Download (46kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2024. Download (192kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2024. Download (406kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 May 2024. Download (301kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (692kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Download (36kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Download (333kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kartikasari-C2C021004-Tesis-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Rumah sakit merupakan institusi pelayan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan kepada pasien perorangan secara paripurna. Oleh karena itu rumah sakit perlu memberikan pelayanan yang sebaik baiknya kepada masyarakat untuk menjamin terlayaninya kebutuhan kesehatan masyarakat. Upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan, akan tetapi ada saja masalah yang dihadapi. Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi adanya penurunan jumlah pasien pada tahun 2021 pada saat ada peningkatan pada rumah sakit lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dilakukan penelitian tentang pelayanan, kepuasan dan loyalitas pasien. Variabel penelitian yang diteliti adalah hospital service quality, patient empowerment, facilitity environment patient satisfactiondan patient loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk menguji pengaruh hospital service quality, patient empowerment, dan facilitity environment terhadap patient satisfaction pada pasien rawat inap. 2. Untuk menguji pengaruh hospital service quality, patient empowerment, dan facilitity environment terhadap patient loyalty pada pasien rawat inap. 3. Untuk menguji peran patient satisfaction dalam memediasi hospital service quality, patient empowerment, dan facilitity environment terhadap patient loyaltypada pasien rawat inap. Penelitian dilakukan terhadap pasien rawat inap di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga. Ukuran sampel yang diteliti adalah 171 responden. Teknik pengambilan sampel konsumen dalam penelitian ini menggunakan teknik stratified random sampling. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis Structural Equation Model (SEM) dengan software Warp PLS.Penelitian ini menghasilkan kesimpulan 1. Hasil analisis data dengan Warp PLS dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif hospital service quality terhadap patient satisfaction. Hal ini berarti peningkatan pelayanan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien. 2. Hasil analisis data data dengan Warp PLS dapat disimpulkan adanya pengaruh positif patient empowerment terhadap patient satisfaction.Hal ini berarti peningkatan pemberdayaan pasien berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien. 3. Hasil analisis data data dengan Warp PLS dapat disimpulkan adanya pengaruh positif facilitity environmentterhadap patient satisfaction.Hal ini berarti peningkatan fasilitas lingkungan berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pasien. 4. Hasil analisis data dengan Warp PLS dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif hospital service quality terhadap patient loyalty . Hal ini berarti peningkatan pelayanan berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pasien. 5. Hasil analisis data data dengan Warp PLS dapat disimpulkan adanya pengaruh positif patient empowerment terhadap patient loyalty .Hal ini berarti peningkatan pemberdayaan pasien berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pasien. 6. Hasil analisis data data dengan Warp PLS dapat disimpulkan adanya pengaruh positif facilitity environmentterhadap patient loyalty .Hal ini berarti peningkatan fasilitas lingkungan berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pasien. 7. Hasil analisis data data dengan Warp PLS dapat disimpulkan adanya pengaruh positif patient satisfaction terhadap patient loyalty .Hal ini berarti peningkatan kepuasan pasien berpengaruh terhadap peningkatan loyalitas pasien. 8. Hasil uji hipotesis mediasi ini dapat disimpulkan bahwa patient satisfaction memediasi hospital service quality, patient empowerment dan facilitity environment dengan patient loyalty. Sifat mediasinya variabel kepuasan pasien memediasi secara parsial variabel hospital service quality, patient empowerment dan facilitity environment terhadap loyalitas pasien. Saran yang bisa diberikan untuk pengembangan pelayanan di RSUD dr. R. Goeteng Taroenadibrata Purbalingga adalah: 1. Pihak rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan, pemberdayaan pasien dan fasilitas lingkungan agar kepuasan pasien meningkat 2. Pihak rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan, pemberdayaan pasien dan fasilitas lingkungan agar loyal pasien meningkat kepada rumah sakit. 3. Pihak rumah sakit perlu meningkatkan pelayanan, pemberdayaan pasien dan fasilitas lingkungan agar kepuasan pasien meningkat yang akhirnya membuat pasien loyal kepada rumah sakit
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Nomor Inventaris: | P223110 |
Uncontrolled Keywords: | Variabel penelitian yang diteliti adalah hospital service quality, patient empowerment, facilitity environment patient satisfactiondan patient loyalty |
Subjects: | H > H250 Hospitals P > P630 Public health |
Divisions: | Program Pascasarjana & Profesi > S2 Manajemen |
Depositing User: | Mrs. KARTIKASARI Kartikasari |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:56 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21276 |
Actions (login required)
View Item |