KHAIRUSYIFA, Nadhifa (2023) Citra Anak dalam Iklan Susu Dancow (Analisis Isi Iklan Susu Dancow pada Media Sosial Youtube Dancow Id dan Dancow FortiGro). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Download (456kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Download (299kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2024. Download (671kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2024. Download (582kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only until 23 May 2024. Download (434kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (626kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Download (296kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nadhifa Khairusyifa-F1A018009-Skripsi-2023_1.pdf Restricted to Repository staff only Download (295kB) |
Abstract
Iklan televisi merupakan salah satu media promosi yang dapat dengan mudah mempengaruhi penonton karena menyajikan iklan secara audio visual. Salah satu iklan yang mudah ditemui adalah iklan susu formula. Iklan susu formula menggunakan tokoh anak sebagai aktor utama. Namun, sasaran utama dari iklan susu formula adalah orang tua. Iklan susu formula yang digunakan yaitu iklan susu Dancow yang diperoleh dari laman youtube Dancow ID dan Dancow FortiGro. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif dengan sampel sebanyak 33 video yang ditentukan menggunakan teknik sampel acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode dokumentasi. Objek yang diteliti adalah anak-anak yang menjadi pemeran iklan susu Dancow. Sementara itu, teori yang digunakan adalah teori postmodern Jean Baudrillard. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam iklan susu Dancow terdapat realitas semu yang ditunjukan kepada penonton. Pemeran anak dalam iklan Dancow merupakan hasil citra dari media dan produsen iklan yang menunjukan sosok anak ideal. Anak dalam iklan Dancow ialah anak yang mampu memenuhi ekspektasi orang tua yaitu anak yang berani, serba bisa, pintar, baik, rajin, berkulit putih bersih, memiliki tubuh yang berisi/montok, bertubuh tinggi dari anak seusia, memiliki rasa ingin tahu yang besar, kreatif, bergaya kasual, selalu aktif dan ceria. Realitas yang direkonstruksi produsen iklan Dancow juga merupakan sebuah hiper-realitas. Realitas tersebut terlalu di buat mencolok daripada realitas keseharian yang sebenarnya. Realitas yang ditunjukkan yaitu realita yang memposisikan anak selalu lebih unggul dari teman-temannya, mampu bersaing, dan memiliki karakter anak baik. Hal tersebut mampu mempengaruhi dan menarik minat pembeli untuk mengonsumsi produk yang diiklankan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23178 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Isi, Citra Anak, Anak Ideal |
Subjects: | A > A75 Advertising and children |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs NADHIFA KHAIRUSYIFA |
Date Deposited: | 23 May 2023 09:51 |
Last Modified: | 23 May 2023 09:51 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21419 |
Actions (login required)
View Item |