Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Analisis Pengaruh Transaksi Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Inflasi Di Indonesia Dengan Jumlah Uang Beredar Sebagai Variabel Moderasi

IRBIYANTI, Rizki Fatiya (2023) Analisis Pengaruh Transaksi Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Inflasi Di Indonesia Dengan Jumlah Uang Beredar Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf

Download (151kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Rizki Fatiya Irbiyanti-C1A019104-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)

Abstract

Pembayaran non tunai dalam beberapa tahun terakhir banyak diminati oleh masyarakat sebab lebih praktis dan aman serta salah satu faktor utamanya karena dorongan dari pemerintah mengenai Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT). Salah satu pembayaran non tunai yang sedang trend di masyarakat yaitu uang elektronik (e-money). Adanya dorongan penggunaan e-money membuat daya beli masyarakat meningkat sehingga dapat mempengaruhi kenaikan harga. Penggunaan e-money akan menyebabkan terciptanya uang giral. Salah satu faktor utama penyebab inflasi yaitu jumlah uang beredar yang semakin meningkat. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk menganalisis pengaruh volume e-money, nominal e-money, dan jumlah uang beredar terhadap inflas di Indonesia. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data time series bulanan pada rentang waktu 2016-Juli 2022, serta data sekunder bersumber dari Badan Pusat Statistik dan Bank Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Autoregressive Distributed Lag (ARDL). Hasil penelitian ini yaitu : (1) Variabel volume e-money berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi dan pengaruh tersebut membutuhkan lag satu bulan. (2) Variabel nominal e-money berpengaruh negatif dan signifikan terhadap inflasi dan pengaruh tersebut membutuhkan lag satu bulan. (3) Variabel jumlah uang beredar (M1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap inflasi (4) Variabel e-money, nominal e-money dan jumlah uang beredar secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap inflasi. (5) Variabel jumlah uang beredar mampu memoderasi yaitu memperkuat pengaruh variabel volume e-money terhadap inflasi dan pengaruh moderasi tersebut membutuhkan waktu lag satu bulan. (6) Variabel jumlah uang beredar mampu memoderasi yaitu memperlemah pengaruh variabel nominal e-money terhadap inflasi dan pengaruh moderasi tersebut membutuhkan waktu lag satu bulan. Implikasi pada penelitian ini yaitu pemerintah perlu melakukan kebijakan untuk mengatur agar inflasi di Indonesia selalu berada dalam tingkat yang rendah. Inflasi yang tinggi akan menyebabkan perekonomian menjadi tidak stabil, sehingga akan mengurangi kesejahteraan masyarakat. Pemerintah perlu mendorong penggunaan uang elektronik sebagai alternatif dari sistem pembayaran yang lebih praktis dan aman, serta dapat menghemat biaya penciptaan uang tunai. Namun, penggunaan e-money juga perlu dikontrol melalui pembatasan saldo yang dapat digunakan untuk pembelanjaan, sehingga pola konsumsi masyarakat menjadi lebih terkontrol. Sebab apabila pembelanjaan masih saja tidak terkontrol dan membuat permintaan akan barang dan jasa meningkat maka akan menyebabkan inflasi. Selain itu, ketika terjadi kenaikan transaksi e-money, maka pemerintah harus segera bersiap untuk menghadapi inflasi pada bulan berikutnya, salah satunya yaitu dengan menjaga ketersediaan stok barang di pasar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: C23226
Uncontrolled Keywords: Inflasi, Volume E-Money, Nominal E-Money, Jumlah Uang Beredar
Subjects: I > I127 Inflation Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Ilmu Ekonomi & Studi Pembangunan
Depositing User: Mrs RIZKI FATIYA IRBIYANTI
Date Deposited: 30 May 2023 01:09
Last Modified: 30 May 2023 01:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21515

Actions (login required)

View Item View Item