Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Rumah Layak Huni dan Sehat Bagi Keluarga Miskin (Studi di Desa Pandansari Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga)

ANDRESIANA, Fina (2022) Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni Dalam Rangka Pemenuhan Kebutuhan Rumah Layak Huni dan Sehat Bagi Keluarga Miskin (Studi di Desa Pandansari Kecamatan Kejobong Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Fina Andresiana-E1A018231-Skripsi-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)

Abstract

Pemerintah Kabupaten Purbalingga membuat program bantuan sosial Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Purbalingga. Desa Pandansari merupakan salah satu desa penerima bantuan sosial ini dengan tingkat kemiskinan sedang dengan jumlah RTLH sebanyak 708 rumah. Desa dengan tingkat kemiskinan sedang mendapat bantuan sosial Rehabilitasi RTLH sebanyak 4 RTLH. Dengan banyaknya jumlah RTLH dan sedikitnya kuota penerima, maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui implementasi dan dampak dari Program Rehabilitasi RTLH dalam rangka pemenuhan kebutuhan rumah layak huni dan sehat bagi keluarga miskin di Desa Pandansari, Kecamatan Kejobong, Kabupaten Purbalingga. Metode penelitian dengan pendekatan yang digunakan adalah Yuridis-Empiris, spesifikasi penelitian deskriptif, jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumenter, yang disajikan dalam bentuk teks naratif dan matriks kualitatif dengan metode analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan program Rehabilitasi RTLH belum sepenuhnya terimplementasikan dengan baik. Hal tersebut ditunjukkan dengan sosialisasi dan pendataan RTLH diimplementasikan dengan baik sesuai dengan peraturan, pelaksanaan program Rehabilitasi RTLH diimplementasikan dengan baik, pengalokasian dana program Rehabilitasi RTLH belum sesuai dengan peraturan, adanya manfaat dan kendala yang dirasakan masyarakat dalam pelaksanaan program Rehabilitasi RTLH. Dalam Pelaksanaannya terdapat dampak positif dan dampak negatif program Rehabilitasi RTLH. Dampak positif antara lain meningkatnya kualitas rumah keluarga miskin yang tidak layak huni, tumbuhnya rasa kepedulian dan gotong-royong dalam masyarakat, meningkatkan motivasi masyarakat untuk meningkatkan kualitas rumah, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memberikan hunian yang layak. Dampak negatifnya antara lain timbulnya rasa iri dalam masyarakat, timbul rasa ketergantungan masyarakat terhadap bantuan Rehabilitasi RTLH, terbebaninya penerima manfaat karena menanggung kekurangan-kekurangan kebutuhan pembangunan akibat dana yang terbatas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E23101
Uncontrolled Keywords: Implementasi Hukum; Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni; Keluarga Miskin.
Subjects: L > L76 Law and legislation
P > P633 Public housing
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs. ANDRESIANA Fina
Date Deposited: 09 Jun 2023 08:56
Last Modified: 09 Jun 2023 08:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21573

Actions (login required)

View Item View Item