Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penggunaan Cardiac Telerehabilitation (CTR) untuk Menurunkan Tingkat Kekambuhan Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK): Systematic Review

JANAH, Evi Nur (2023) Penggunaan Cardiac Telerehabilitation (CTR) untuk Menurunkan Tingkat Kekambuhan Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK): Systematic Review. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Evi Nur Janah-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (916kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf

Download (195kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Evi Nur Janah-I4B022008-Karya Ilmiah Akhir-2023.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) atau merupakan keadaan terjadinya akumulasi plak pada dinding arteri koroner sehingga mempersempit arteri dan mengurangi darah mengalir ke dan dari jantung. PJK ditandai dengan adanya sesak, mudah lelah, mengalami gangguan seksual, serta nyeri dada. Dengan tanda dan gejala tersebut, PJK membutuhkan regimen pengobatan yang lama dan kompleks selama periode hidup. Hal ini menyebabkan kemungkinan lama rawat atau tingginya kekambuhan untuk dirawat kembali di rumah sakit. Program rehabilitasi jantung (CR) memiliki level rekomendasi tinggi untuk pasien PJK. CR dapat dilakukan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi melalui Telerehabilitation (TR), sehingga untuk pasien PJK dapat menggunakan Cardiac Telerehabilitation (CTR). CTR tampaknya menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kehadiran pasien dalam CR dan kepatuhan jangka panjang serta meminimalkan tingkat kekambuhan. Tujuan: Systematic review ini dilakukan untuk menganalisis dan menilai kualitas artikel tentang penggunaan Cardiac Telerehabilitation (CTR) untuk Menurunkan Tingkat Kekambuhan Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK). Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan systematic review dengan seleksi artikel mengacu pada Preffered Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA). Systematic review ini menggunakan artikel penelitian yang dipublikasi dalam kurun waktu 2018-2023 dan perncarian artikel menggunakan database Pubmed, Google Scholar, ScienceDirect dan Cochrane Library. Kata kunci yang digunakan yaitu "Cardiac Telerehabilitation" AND “Coronary Heart Disease” AND “recurrence rate” OR “relapse”. Artikel yang ditemukan sesuai kata kunci sebanyak 4.528 artikel, setelah itu dilakukan screening artikel menggunakan metode “PRISMA” dan didapatkan 5 artikel dengan desain penelitian Randomize Controlled Trial dan 2 artikel dengan desain Quasi Ekspreiment untuk direview. Penilaian kualitas artikel dilakukan dengan menggunakan instrumen dari Joanna Briggs Institute. Hasil: Berdasarkan 7 artikel yang telah direview terkait penggunaan Cardiac Telerehabilitation (CTR) untuk Menurunkan Angka Kekambuhan Pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK), beberapa artikel menjelaskan tentang prosedur intervensi yang efektif untuk menurunkan angka kekambuhan pasein Penyakit Jantung Koroner (PJK). ). Kesimpulan: Cardiac Telerehabilitation (CTR) dapat meminimalkan jumlah sesi rehabilitasi rumah sakit dan mampu menurunkan tingkat kekambuhan pasien Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: I23183
Uncontrolled Keywords: Cardiac Telerehabilitation, Recurence Rate, Relapse Coronary Heart Disease
Subjects: H > H72 Heart diseases
Divisions: Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > Profesi Ners
Depositing User: Mrs. JANAH Evi Nur
Date Deposited: 14 Jun 2023 06:30
Last Modified: 14 Jun 2023 06:30
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21644

Actions (login required)

View Item View Item