PUTRI, Kinanti Tiara Mahmudia (2023) Studi Kasus Pengaruh Terapi Bermain Puzzle dan Finger Painting terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas. Other thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (339kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Download (80kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Download (70kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Kinanti Tiara Mahmudia Putri-I4B022023-KIA-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (858kB) |
Abstract
Latar Belakang:. Keterlambatan pada perkembangan motorik halus anak prasekolah akan berdampak pada perkembangan berikutnya, sehingga perlunya stimulasi untuk meningkatkan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah. Terapi bermain puzzle dan finger painting dapat digunakan untuk meningkatkan motorik halus pada anak usia prasekolah. Tujuan: Mengevaluasi terapi bermain puzzle dan finger painting dan perbandingan terapi bermain puzzle, finger painting dan kombinasi terapi bermain puzzle dan finger painting terhadap peningkatan perkembangan motorik halus pada anak usia prasekolah di Kecamatan Baturraden, Kabupaten Banyumas Metodologi: Studi kasus melibatkan tiga responden anak usia prasekolah yang mengalami keterlambatan pada perkembangan motorik halus. Implementasi berdasarkan metode case-study analysis based on nursing intervention pemberian terapi bermain dilakukan selama enam kali pertemuan selama 15 menit, observasi perkembangan motorik halus menggunakan kuesioner berdasarkan DDST II dengan skala likert dilakukan sebelum dan sesudah intervensi. Hasil Penelitian: Terdapat perubahan motorik halus pada An. K setelah diberikan terapi bermain finger painting dari hasil pretest dengan nilai 19 menjadi 31 saat posttest, Terdapat perubahan motorik halus pada An. setelah diberikan terapi bermain puzzle dari hasil pretest dengan nilai 20 menjadi 33 saat posttest, Terdapat perubahan motorik halus pada An. K, setelah diberikan kombinasi terapi bermain finger painting dan puzzle dari hasil pretest dengan nilai 19 menjadi 35 saat posttest. Kesimpulan: Terdapat peningkatan motorik halus pada anak setelah diberikan Terapi bermain, diantara keduanya puzzle yang memiliki pengaruh dibandingkan dengan finger painting. Namun, kombinasi terapi bermain puzzle dan finger painting paling berpengaruh untuk meningkatkan motorik halus pada anak usia prasekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Nomor Inventaris: | I23175 |
Uncontrolled Keywords: | Anak usia prasekolah, Finger Painting, motorik halus, dan Puzzle |
Subjects: | C > C523 Cognitive styles in children |
Divisions: | Fakultas Ilmu Ilmu Kesehatan > Profesi Ners |
Depositing User: | Mrs Kinanti Tiara Mahmudia Putri |
Date Deposited: | 15 Jun 2023 06:16 |
Last Modified: | 15 Jun 2023 06:16 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21658 |
Actions (login required)
View Item |