Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Kedudukan Hukum Surat Sanggup (Promissory Note) Pada Perjanjian Pinjam-Meminjam Dalam Perkara Wanprestasi (Studi Perkara Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY)

HONI, Esa Widad Aribah (2023) Kedudukan Hukum Surat Sanggup (Promissory Note) Pada Perjanjian Pinjam-Meminjam Dalam Perkara Wanprestasi (Studi Perkara Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (851kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (BabI)
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2024.

Download (475kB)
[img] PDF (BabII)
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2024.

Download (636kB)
[img] PDF (BabIII)
bab3.pdf
Restricted to Repository staff only until 21 June 2024.

Download (319kB)
[img] PDF (BabIV)
bab4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (561kB)
[img] PDF (BabV)
bab5.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
daftar pustaka.pdf

Download (40kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji Putusan Pengadilan Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY. Penelitian ini mengkaji tentang kedudukan surat sanggup (Promissory Note) pada perjanjian pinjam meminjam dalam perkara wanprestasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kedudukan surat sanggup (Promissory Note) pada perjanjian pinjam meminjam dalam perkara wanprestasi. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengalisis pertimbangan hukum dan putusan hakim dalam Perkara Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY. Pada penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian deskriptif analitis. Data yang digunakan adalah data sekunder dengan pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan. Pengolahan data dan penyajian data melalui uraian secara sistematis dan logis dengan bentuk teks deskriptif, kemudian dianalisis secara normatif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data, surat sanggup (Promissory Note) dalam Perkara Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY. berkekdudukan sebagai sebagai surat tagih hutang yang didalamnya terdapat janji penerbit untuk membayar tanpa syarat sejumlah uang kepada pemegang surat sanggup (Promissory Note). Berdasarkan pertimbangan hukum dan putusan hakim penerbit surat sanggup (Promissory Note) dalam Perkara Nomor 846/PDT.G/2021/PN.SBY Tergugat tidak memenuhi kewajiban perikatannya berupa tidak melunasinya sejumlah uang yang tertera didalam klausula surat sanggup (Promissory Note) yang diterbitkan Tergugat serta terdapat unsur salah dalam diri Tergugat. Tergugat akibat perbuatannya dinyatakan wanprestasi dan dihukum untuk membayar hutang pokok serta membayar biaya perkara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E23141
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Pinjam-Meminjam, Surat Sanggup (Promissory Note), Wanprestasi
Subjects: C > C428 Civil rights Constitutional law Criminal procedure Martial law
L > L290 Loans
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mrs. HONI Esa Widad Aribah
Date Deposited: 21 Jun 2023 01:56
Last Modified: 21 Jun 2023 01:56
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/21701

Actions (login required)

View Item View Item