Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Tingkat Stres dengan Durasi Waktu Bermain Game Online pada Remaja di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto

NURFADHILAH, Farah (2019) Hubungan Tingkat Stres dengan Durasi Waktu Bermain Game Online pada Remaja di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
1. COVER-Farah Nurfadhilah- G1A015026-skripsi-2019.pdf

Download (870kB)
[img] PDF (Legalitas)
2. LEGALITAS-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
3. ABSTRAK-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
4. BAB I-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] PDF (BabII)
5. BAB II-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
6. BAB III-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (814kB)
[img] PDF (BabIV)
7. BAB IV-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
8. BAB V-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf

Download (969kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
9. DAFTAR PUSTAKA-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf

Download (815kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN-Farah Nurfadhilah-G1A015026-skripsi-2019.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar Belakang : Masa remaja merupakan sebuah masa transisi yang menghubungkan masa kanak-kanak ke masa dewasa. Pada masa tersebut tidak terlepas dari berbagai permasalahan dalam tiap tahap perkembangannya yang dapat menyebabkan stres. Stres merupakan suatu reaksi yang ada di dalam diri seseorang terhadap masalah yang dihadapinya. Stres pada remaja bisa terjadi karena tekanan untuk bisa berprestasi, dorongan untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, banyaknya tugas rumah, tugas sekolah, dan tugas ekstrakurikuler, serta masalah utama yang berasal dari hubungan teman dan keluarga Saat ini remaja menghabiskan waktunya untuk bermain game online rata-rata 2,5 jam per hari. Hal tersebut dikarenakan bermain game online merupakan sarana untuk mengatasi stres. Metode : Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang bermain game online di SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto. Besar sampel dihitung menggunakan rumus besar sampel dan diperoleh jumlah sampel minimal 75 orang. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan alat bantu kuesioner DASS-14, kuesioner durasi waktu bermain game online, dan kuesioner LMMPI. Analisis statistik menggunakan uji chi square. Hasil : Hasil penelitian dengan uji chi square menunjukkan nilai p sebesar 0,729 dengan sebagian besar responden memiliki tingkat stres normal (60,25%) dan durasi waktu bermain game online sebagian besar normal (52,56%). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan tingkat stres dengan durasi waktu bermain game online (p>0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G19036
Uncontrolled Keywords: Durasi, Game Online, Remaja, Stres
Subjects: S > S746 Stress Physiology
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter
Depositing User: Mr soiman soiman
Date Deposited: 24 Jul 2023 08:18
Last Modified: 24 Jul 2023 08:18
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22004

Actions (login required)

View Item View Item