Pola Pendidikan Anak Tunagrahit (Studi Deskriptif Tentang Pola Pendidikan Anak Tunagrahita Berbasis model pembelajaran Exposition Model Di Sekolah Luar Biasa C Dan C1 Yakut Purwokerto)

SETIAWAN, Wahyu (2017) Pola Pendidikan Anak Tunagrahit (Studi Deskriptif Tentang Pola Pendidikan Anak Tunagrahita Berbasis model pembelajaran Exposition Model Di Sekolah Luar Biasa C Dan C1 Yakut Purwokerto). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
abstrak_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pola Pendidikan Anak Tunagrahita ( Studi Deskriptif Pola Pendidikan Anak Tunagrahita Berbasis Model Pembelajaran The Exposition Model Di SLB C Dan C1 Yakut Purwokerto)”. SLB C dan C1 Yakut Purwokerto merupakan sekolah yang khusus untuk anak tunagrahita ringan dan sedang. setiap sekolah tentunya mempunyai pola pendidikan untuk di terapkan. Sama halnya dengan SLB Cdan C1 Yakut Purwokerto, yang menggunakan model pembelajaran khusus karena anak tunagrahita merupakan anak yang mempunyai keterlambatan dalam berpikir sehingga memerlukan model khusus yaitu menggunakan model pembelajaran the exposition model dimana guru yang lebih memusat pada aktivitas guru dan penyampaian materi dengan cara menerangkan materi secara terperinci. Model pembelajaran the exposition model yang di lakukan oleh guru agar anak tunagrahita dapat berkembang dan menyerap materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara guru mendidikan anak tunagrahita dan juga untuk mengetahui apa saja kendala yang di hadapi guru dalam menerapkan model pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan sasaran utama yaitu guru SD di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dengan model analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan model pembelajaran the exposition model yang di terapkan adalah model ini di anggap paling tepat di terapkan di SLB C dan C1 Yakut Purwokerto karena karakteristik anak tunagrahita yang berbeda dengan anak pada umumnya, sehingga guru di tuntut harus aktif dan mampu menangani setiap anak di kelas dalam proses belajar mengajar. Hasil dari penerapan model pembelajaran tersebut adalah untuk tunagrahita ringan perkembangan siswanya terlihat sudah mampu membaca, menulis, dan berhitung, sedangkan untuk anak tunagrahita sedang menjadi tidak bergantung kepada orang lain dan lebih mandiri, namun untuk kemampuan membaca, menulis dan berhitung masih rendah hal tersebut di karenakan kemampuan akademik tunagrahita sedang yang rendah. Adapun kendala yang di alami guru dalam penerapan model pembelajaran the exposition model yaitu kondisi dan karakteristik anak tunagrahtia, faktor sekolah, faktor guru, dan faktor orang tua. Saran dan kritik untuk penelitian ini adalah untuk pemerintah diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan yang lebih menjamin dan memperhatikan secara khusus terhadap keberlangsungan pendidikan bagi anak tunagrahita dengan memberikan bantuan khususnya pendanaan dan sarana prasarana sehingga memudahkan anak tunagrahita dalam proses belajar mengajar. Kata Kunci: Anak Tunagrahita, Model Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F17105
Uncontrolled Keywords: Anak Tunagrahita, Model Pembelajaran
Subjects: L > L91 Learning disabilities
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Ilmu Administrasi Negara
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 03 Sep 2019 08:01
Last Modified: 19 Nov 2019 02:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/2210

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year