Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Evaluasi Kinerja Operasional Trans Banyumas Koridor 3

RAHMAWATI, Herni (2023) Evaluasi Kinerja Operasional Trans Banyumas Koridor 3. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (381kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2024.

Download (112kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2024.

Download (363kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 July 2024.

Download (736kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf

Download (101kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf

Download (113kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Herni Rahmawati-H1B019047-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)

Abstract

Trans Banyumas adalah sarana transportasi dengan skema Buy The Service (BTS) yang diluncurkan oleh Pemerintah Kabupaten Banyumas pada 5 Desember 2021 yang berjumlah 52 unit dengan rute layanan di tiga Koridor yaitu Koridor 1 (Terminal Ajibarang – Pasar Pon), Koridor 2 (Terminal Notog – Terminal Baturraden) dan Koridor 3 (Terminal Bulupitu Purwokerto – Terminal Kebondalem). Walaupun sudah memiliki rute pelayanan yang cukup merata ternyata masih ada ketimpangan jumlah penumpang pada Trans Banyumas. Menurut data yang didapat dari Dinas Perhubungan Banyumas tahun 2022, Koridor 1 dan Koridor 2 memiliki load factor yang cukup tinggi yaitu pada angka lebih dari 70%, sedangkan pada Koridor 3 yaitu rute pelayanan radial perkotaan memiliki jumlah penumpang yang lebih rendah yaitu pada angka 50,48%. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kinerja operasional Trans Banyumas Koridor 3 berdasarkan standar pelayanan minimum untuk memberikan rekomendasi strategi peningkatan kinerja operasional. Analisis data menggunakan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan mengenai karakteristik serta persoalan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan parameter kinerja yang memenuhi standar minimal adalah headway sebesar rata-rata 14 menit untuk Koridor 3A dan 3B, waktu sirkulasi sebesar 82 menit untuk Koridor 3A dan 79 menit untuk Koridor 3B, ketersediaan armada dengan persentase 114% untuk Koridor 3A dan 100% untuk Koridor 3B, sedangkan parameter kinerja yang tidak memenuhi syarat minimal adalah nilai load factor yaitu sebesar 8% untuk Koridor 3A dan 15% untuk Koridor 3B. Usulan strategi peningkatan kinerja operasional adalah dengan perekayasaan halte agar mengoptimalkan fungsinya untuk meningkatkan kualitas pelayanan Trans Banyumas Koridor 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: H23127
Uncontrolled Keywords: Buy The Service, Trans Banyumas, Evaluasi Kinerja Operasional
Subjects: P > P142 Performance
P > P623 Public
T > T283 Transportation
Divisions: Fakultas Teknik > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Mrs Herni Rahmawati
Date Deposited: 28 Jul 2023 08:24
Last Modified: 28 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22113

Actions (login required)

View Item View Item