Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Tuntutan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Perawat Rumah Sakit Swasta Tipe C di Kabupaten Kebumen dengan Mediasi Stres Kerja dan Keterikatan Kerja

ROMADONIYAH, Romadoniyah (2023) Pengaruh Tuntutan Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Turnover Intention Pada Perawat Rumah Sakit Swasta Tipe C di Kabupaten Kebumen dengan Mediasi Stres Kerja dan Keterikatan Kerja. Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (BabI)
BAB I-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)
[img] PDF (BabV)
BAB V-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (277kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Romadoniyah-C2C021027-Tesis-2023.pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pergantian perawat mengarah pada peningkatan rekrutmen dan pelatihan, kegiatan tersebut merupakan pemborosan bagi rumah sakit karena rumah sakit mengeluarkan biaya pelatihan dan perekrutan karyawan baru. Oleh karena itu perlu ada pencegahan adanya perawat yang keluar dari pekerjaan. Pencegahan dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui variabel yang dapat mengurangi niat karyawan untuk keluar dari pekerjaannya. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisa faktor yang mendorong dan menghambat terjadinya turnover intention perawat di RS Swasta Tipe C di Kabupaten Kebumen. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh tuntutan kerja terhadap Stres kerja, pengaruh stres kerja terhadap turnover intention, pengaruh kepuasan kerja terhadap keterikatan kerja, pengaruh keterikatan kerja terhadap turnover intention, pengaruh mediasi stres kerja terhadap hubungan tuntutan kerja dengan turnover intention, pengaruh mediasi keterikatan kerja terhadap hubungan kepuasan kerja dengan turnover intention perawat RS Swasta Tipe C di Kabupaten Kebumen. Penelitian ini dilakukan terhadap 154 responden yang merupakan perawat di RS Swasta Tipe C di Kabupaten Kebumen. Teknik analisis data dilakukan dengan Structural Equation Model (SEM) dengan software PLS. Pengujian mediasi dilakukan dengan metodel Sobel t test dan Variance Accounted For (VAF). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan penelitian variabel tuntutan kerja berpengaruh positif terhadap stres kerja. Variabel stres kerja berpengaruh positif terhadap turnover intention. Variabel kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap keterikatan kerja. Variabel keterikatan kerja berpengaruh negatif terhadap turnover intention. Terdapat pengaruh yang positif dari variabel mediasi stres kerja terhadap hubungan tuntutan kerja dengan turnover intention. Terdapat pengaruh negatif dari variabel mediasi keterikatan kerja terhadap hubungan kepuasan kerja dengan turnover intention. Implikasi praktisya adalah bagaimana manajemen rumah sakit untuk lebih fokus dalam menurunkan turnover intention. Hal ini dilakukan dengan mengurangi stres kerja dengan cara meningkatkan sumber daya yang ada supaya dapat melaksanakan tuntutan kerja. Manajemen juga dapat meningkatkan keterikatan kerja dengan cara meningkatkan kepuasan kerja.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223161
Uncontrolled Keywords: turnover intention, stres kerja, tuntutan kerja, keterikatan kerja, kepuasan kerja
Subjects: J > J58 Job satisfaction Job stress Mental health
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Manajemen
Depositing User: Mrs ROMADONIYAH ROMADONIYAH
Date Deposited: 31 Jul 2023 03:38
Last Modified: 31 Jul 2023 03:38
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22141

Actions (login required)

View Item View Item