BONA, Chris Martin (2023) Rancang Bangun Game Edukasi 3D Berbasis Android Untuk Meningkatkan Pengetahuan Dan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Sejarah Di Sekolah Menengah Atas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Download (262kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (787kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023_watermark.pdf Download (596kB) |
|
PDF (BabI)
BAB 1_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabII)
BAB 2_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB 3_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB 4_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (9MB) |
|
PDF (BabV)
BAB 5_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Download (573kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA_Chris Martin Bona_H1D018022_Skripsi_Informatika_2023.pdf_watermark.pdf Download (832kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemakaian game edukasi terhadap penambahan pengetahuan siswa sekolah menengah atas mengenai pelajaran sejarah dan mengetahui kelayakan serta kualitas dari game edukasi sebagai media pembelajaran untuk menambah pengetahuan seputar sejarah. Game edukasi ini menjadikan siswa sekolah menengah atas sebagai responden. Penelitian ini juga menggunakan metode pengembangan GDLC (Game Development Life Cycle) yang terdiri dari 6 fase/tahap, yaitu a) inisiasi, b) pra- produksi, c) produksi, d) testing, e) beta dan f) distribusi atau perilisan. Game edukasi ini dirancang menggunakan bahasa pemrograman C# dan Unity sebagai game enginenya. Game ini memiliki tiga menu utama yaitu, “Play”, “Materi” dan “Quit”. Menu Play, menu ini menampilkan semua level yang ada didalam game, sehingga pengguna dapat melihat dan memilih level yang diinginkan, didalam setiap level terdapat pertanyaan yang harus dijawab oleh pengguna untuk menyelesaikan sebuah level dalam game edukasi ini. Menu Materi, menu ini menampilkan beberapa materi/pengetahuan yang perlu dipelajari untuk menambah pengetahuan mengenai sejarah dan semua pengetahuan yang dapat membantu pengguna dalam menjawab dan menyelesaikan semua level game edukasi ini, dan yang terakhir, menu Quit dimana pengguna dapat gunakan untuk keluar dari game.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23147 |
Uncontrolled Keywords: | C#, Game Edukasi, Unity. |
Subjects: | S > S348 Simulation games in education |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Informatika |
Depositing User: | Mrs Chris Martin Bona |
Date Deposited: | 08 Aug 2023 03:05 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 03:05 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22310 |
Actions (login required)
View Item |