Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Penerapan Risalah Lelang Eksekusi Hak Tanggungan pada Perbankan dan Implikasi Hukumnya (Studi Putusan Pengadilan Negeri Nomor 6/pdt.g/2018/pn dmk dan Pengadilan Tinggi Nomor 332/pdt/2019/pt smg)

WATI, Melyana Puspita (2023) Penerapan Risalah Lelang Eksekusi Hak Tanggungan pada Perbankan dan Implikasi Hukumnya (Studi Putusan Pengadilan Negeri Nomor 6/pdt.g/2018/pn dmk dan Pengadilan Tinggi Nomor 332/pdt/2019/pt smg). Masters thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
sampul tesis.pdf

Download (80kB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (Abstrak)
abstrak.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BabI)
Naskah Lengkap Bab I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB)
[img] PDF (BabII)
Naskah Lengkap Bab II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (452kB)
[img] PDF (BabIII)
Naskah Lengkap Bab III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (BabIV)
Naskah Lengkap Bab IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] PDF (BabV)
Naskah Lengkap Bab V.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Risalah Lelang adalah berita acara jalannya penjualan dimuka umum atau lelang yang disusun secara teratur dan dipertanggungjawabkan oleh Pejabat Lelang dan para pihak (penjualan dan pembelian) dalam pelaksanaan lelang. Salah satu contoh pelaksanaan lelang terdapat pada putusan pengadilan negeri nomor 6/pdt.g/2018/PN Dmk. Pengadilan Negeri Demak menyatakan Risalah Lelang dan Salinan Risalah Lelang tidak memiliki kekuatan hukum dikarenakan Tergugat IV telah bertindak tidak cermat dan tidak teliti berkenaan dengan luas tanah yang dilelang. Pada Putusan Pengadilan Tinggi Semarang menyatakan Tergugat IV hanya untuk memperbaiki Risalah Lelang berkenaan dengan luas tanah. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan, pendekatan kasus dan pendekatan konseptual. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari penelitian kepustakaan antara lain sumber hukum primer, sekunder, dan tersier. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penelitian kepustakaan (Library Research). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu Penerapan Risalah Lelang eksekusi Hak Tanggungan pada perbankan pada Putusan Pengadilan Negeri nomor 6/pdt.g/2018/pn dmk sudah tepat dengan PMK pelaksanaan lelang karena dalam risalah lelang yang dikeluarkan oleh pejabat lelang tidak memuat Surat keterangan tanah (SKT)/ Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT) dari BPN Kabupaten Demak. Pada putusan Pengadilan Tinggi Semarang nomor 332/pdt/2019/pt smg penerapan risalah lelang kurang tepat dengan PMK Pelaksanaan lelang dikarenakan tidak adanya SKT/SKPT pada syarat lelang tidak ada atau tidak tercantum sehingga batal. Namun pada putusan pengadilan tinggi semarang risalah lelang tatap di sahakan dengan perbaikan pada luas tanah, sehingga menimbulkan kerugian terhadap debitur yaitu luas tanah yang bekurang sehingga nilai yang diterima menjadi kurang. Implikasi Hukum sahnya Risalah Lelang dalam putusan Pengadilan Negeri nomor 6/pdt.g/2018/pn dmk adalah tidak berimplikasi hukum karena pada putusan pengadilan Risalah lelang dan Salinan Risalah Lelang tidak berkekuatan hukum, bagi para pihak, objek lelang kembali dalam kepemilikan debitur, masih terpasang hak tanggungan atas nama kreditur, hak pemenang lelang atas objek lelang berakhir dan uang yang telah dibayarkan dikembalikan oleh kreditur. Pada Pengadilan Tinggi nomor 332/pdt/2019/pt smg adalah berimplikasi hukum pada proses Levering pemenang lelang karena Risalah Lelang dan Salinan Risalah lelang berkekuatan hukum sehingga proses Levering tetap berjalan dan perjanjan kredit dan Hak Tanggungan berkahir.

Item Type: Thesis (Masters)
Nomor Inventaris: P223178
Uncontrolled Keywords: Eksekusi Hak Tanggungan, Risalah Lelang, Levering
Subjects: B > B36 Banks and banking
L > L144 Liability Law
Divisions: Program Pascasarjana > S2 Kenotariatan
Depositing User: Mrs MELYANA PUSPITA WATI
Date Deposited: 10 Aug 2023 04:00
Last Modified: 10 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22373

Actions (login required)

View Item View Item