Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kepuasan Pasien Unit Paviliun Serayu RSGMP Unsoed

RAHMAYANTI, Linda Asih (2023) Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut dengan Kepuasan Pasien Unit Paviliun Serayu RSGMP Unsoed. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf

Download (541kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf

Download (526kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2024.

Download (612kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2024.

Download (561kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 9 August 2024.

Download (752kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (759kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf

Download (530kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf

Download (608kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Linda Asih Rahmayanti-G1B019028-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Kepuasan pasien merupakan kebutuhan dan harapan dari perawatan kesehatan pasien yang terpenuhi. Rumah sakit yang akan melakukan upaya peningkatan mutu pelayanan kesehatan harus melakukan pengukuran kepuasan pasien karena kepuasan pasien berhubungan dengan mutu pelayanan kesehatan. Kepuasan pasien dapat dinilai berdasarkan lima dimensi mutu pelayanan meliputi tampilan fisik (tangibles), keandalan (reliability), jaminan (assurance), daya tanggap (responsiveness), dan hubungan antar manusia (emphaty). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien di Unit Paviliun Serayu RSGMP Universitas Jenderal Soedirman. Metode penelitian ini yaitu penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional study. Sampel penelitian yang diambil berjumlah 38 sampel dengan teknik accidental sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner harapan, mutu pelayanan, dan kepuasan pasien yang didistribusikan secara langsung dan secara daring. Analisis data dilakukan secara univariat, bivariat menggunakan uji chi-square, dan multivariat menggunakan uji regresi logistik multinomial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien pada dimensi tangibles, reliability, assurance, responsiveness, dan emphaty (p<0,05). Simpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara mutu pelayanan kesehatan gigi dan mulut dengan kepuasan pasien Unit Paviliun Serayu RSGMP Universitas Jenderal Soedirman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: G23149
Uncontrolled Keywords: Kepuasan pasien, mutu pelayanan, RSGMP Unsoed
Subjects: C > C647 Community health services
H > H250 Hospitals
Divisions: Fakultas Kedokteran > S1 Pendidikan Dokter Gigi
Depositing User: Mrs. RAHMAYANTI Linda Asih
Date Deposited: 09 Aug 2023 01:09
Last Modified: 09 Aug 2023 01:09
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22399

Actions (login required)

View Item View Item