Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Efektivitas Sistem Evaluasi Kinerja Melalui Penggunaan Aplikasi E-Visum Di Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas

Rasidi, Rania Khoirunnisa (2023) Efektivitas Sistem Evaluasi Kinerja Melalui Penggunaan Aplikasi E-Visum Di Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BabI)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabII)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIII)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only until 14 August 2024.

Download (1MB)
[img] PDF (BabIV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BabV)
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh urgensi sebuah sistem evaluasi kinerja yang terintegrasi akibat adanya pengalihan otoritas Penyuluh KB dari pusat ke daerah. Oleh karena itu pemerintah melalui BKKBN mengupayakan solusi dari permasalahan pencatatan dan pelaporan kinerja di lini lapangan oleh Penyuluh KB menggunakan aplikasi E-Visum untuk memantau dan mencatat kinerja tenaga lini lapangan. Untuk mengetahui keberhasilan aplikasi E-Visum dalam evaluasi kinerja Penyuluh KB, peneliti tertarik untuk mengkaji efektivitas sistem aplikasi E-Visum. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Efektivitas Sistem Evaluasi Kinerja melalui Penggunaan Aplikasi E-Visum di Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif. Pemilihan informan menggunakan Teknik Purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis interaktif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sistem evaluasi kinerja melalui penggunaan aplikasi E-Visum dapat dikaji menggunakan lima aspek yaitu: relevansi, reliabilitas, sensitivitas, akseptabilitas, praktikal, tidak melanggar Undang-undang. Pada aspek reliabilitas, Aplikasi E-visum merupakan perwujudan pencapaian tujuan Bangga Kencana BKKBN melalui program penerapan konsep e-government dalam mengelola internal organisasinya. Pada aspek reliabilitas dalam operasional Aplikasi E-Visum, penilaian kinerja didasarkan pada sistem penilaian angka kredit untuk Penyuluh KB, sehingga terdapat konsistensi standar penilaian yang terintegrasi dengan sistem. Pada aspek akseptabilitas, Pemanfaatan Aplikasi E-Visum untuk kepentingan organisasi dapat dirasakan manfaatnya melalui pencatatan sasaran kinerja pegawai untuk penyuluh KB dan menyediakan perhitungan tunjangan kinerja. Pada aspek praktikal, penilaian yang diberikan berlandaskan pada standar penilaian yang tertuang dalam peraturan terkait sehingga tidak terdapat hal-hal yang berpotensi menimbulkan konflik antara BKKBN sebagai penilai dan Penyuluh KB sebagai ternilai. Selain itu, tersedia kesempatan bagi Penyuluh KB untuk mengajukan keberatan apabila terdapat hasil penilaian kinerja yang dirasa tidak sesuai dengan peraturan. Pada aspek Tidak melanggar Undang-undang Aplikasi E-Visum dilandasi oleh peraturan agar dapat digunakan sebagai tolak ukur dalam mengukur kinerja karyawan. Kesimpulan pada penelitian ini bahwa aplikasi E-Visum yang dijalankan oleh BKKBN telah berjalan efektif dalam mencapai tujuan dalam mengatasi permasalahan pada tenaga khusunya dalam meningkatkan nilai kedisiplinan kinerja penyuluh KB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23286
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, kinerja, Aplikasi E-Visum PKB
Subjects: I > I139 Information systems
P > P142 Performance
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs Rania Khoirunnisa Rasidi
Date Deposited: 14 Aug 2023 01:20
Last Modified: 14 Aug 2023 01:20
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22537

Actions (login required)

View Item View Item