Visum ET Repertum Sebagai Sarana Pembuktian Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak (Studi di Polres Kabupaten Purbalingga)

ZEIN, Gigih Luthfiana (2017) Visum ET Repertum Sebagai Sarana Pembuktian Tindak Pidana Pencabulan Terhadap Anak (Studi di Polres Kabupaten Purbalingga). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (258kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (150kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img]
Preview
PDF (DaftarPustaka)
Daftar pusta_1.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Salah satu cara yang digunakan oleh penegak hukum untuk mengungkapkan tindak pidana ini adalah dengan meminta bantuan dokter ahli dalam kedokteran kehakiman (forensik) dengan meminta laporan berupa Visum Et Repertum. Visum Et Repertum selama ini dianggap mampu menjadi salah satu alat bukti yang dapat digunakan untuk penyelesaian tindak pidana pencabulan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah tindak pidana pencabulan memerlukan Visum Et Repertum, khususnya yang terjadi di wilayah Polres Purbalingga. Selain itu ditujukan juga untuk mengetahui kekuatan pembuktian Visum Et Repertum dalam tindak pidana pencabulan terhadap anak. Guna mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan Yuridis Sosiologis. Data Primer dan Data Sekunder yang terkumpul kemudian diolah, dianalisa, dan disajikan menjadi satu kesatuan yang utuh. Hasil penelitian menyatakan bahwa keberadaan visum et repertum selalu dibutuhkan dalam setiap penyidikan tindak pidana pencabulan, dalam hal ini visum et repertum selalu menjadi alat bukti dalam penyidikan tindak pidana pencabulan, visum et repertum mempunyai fungsi yang sangat penting bagi penyidik khususnya untuk mengetahui adanya unsur persetubuhan yang terjadi pada diri korban, visum et repertum merupakan salah satu alat bukti yang sangat penting untuk membantu penyidik melakukan penyidikan lebih lanjut serta menjadi salah satu alat bukti yang harus selalu ada dalam setiap pemeriksaan perkara pencabulan hingga tahap persidangan. Nilai kekuatan pembuktian Visum et Repertum sebagai alat bukti surat sama dengan nilai kekuatan pembuktian keterangan saksi maupun keterangan ahli, meskipun menjadi alat bukti surat bukan berarti mempunyai kekuatan pembuktian lebih tinggi dibanding alat bukti lainnya, namun juga akan lumpuh kekuatan pembuktiannya apabila tidak ditunjang dengan alat bukti lain sehingga memperoleh keyakinan hakim untuk menjatuhkan putusan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17200
Uncontrolled Keywords: Visum et Repertum, Pembuktian, dan Tindak Pidana Pencabula
Subjects: S > S243 Sex crimes
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Supriyana Supriyana
Date Deposited: 12 Oct 2018 09:09
Last Modified: 04 Sep 2020 07:07
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/227

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year