KHUSNA, Annisa Nailul (2023) An Analysis of Factors Influencing Students' State Anxiety in Situational Speaking Class (A Case Study in Situational Speaking Class, English Education Study Program, Faculty of Humanities in Academic Year of 2022/2023). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Download (114kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Download (161kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (155kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (319kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 18 August 2024. Download (1MB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Download (131kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Download (176kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Annisa Nailul Khusna-J1E019050-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengaji faktor-faktor yang memengaruhi kecemasan sementara siswa di kelas Situational Speaking. Studi ini juga menyelidiki keadaan yang memicu kecemasan sementarapada siswa serta bagaimana mereka mengatasinya. Populasi penelitian ini adalahmahasiswa semester dua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris. Untukmenentukan sampel, peneliti menggunakan teknik purposive sampling, danmemilih mahasiswa Situational Speaking kelas C dari 3 kelas sebagai sampel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membantu siswa dan guru dalammemahami kecemasan sementara dengan baik dan bagaimana caramenghadapinya. Kecemasan sementara, faktor linguistik, ketakutan akan evaluasi negatif, dan kepercayaan diri adalah empat faktor utama yang memengaruhi apakah siswa mengalami kecemasan negara saat berbicara bahasa Inggris. Peneliti menggunakan kuesioner dan wawancara semi-terstruktur untuk mengumpulkandata. Kuesioner penelitian ini merupakan adaptasi dari FLSAS (ForeignLanguage Speaking Anxiety Scale) oleh Kayouglu dan Saglamel untukmengetahui frekuensi kecemasan siswa. Untuk memvalidasi data yangdikumpulkan dari FLSAS, peneliti menggunakan triangulasi metode. Penelitianini menggunakan statistik deskriptif dan analisis tematik untuk menganalisis data. Teori utama penelitian ini berasal dari Horwiz dan Cope (1986) yang disebut Foreign Language Anxiety (FLA). Selain itu, peneliti juga menggunakan teori dari Saviola, Pappiani, Monti dan Grecicci (2020) tentang pemetaan trait danstateanxiety pada otak manusia. Dari data yang dikumpulkan, temuan penelitianini menunjukkan bahwa persentase faktor kecemasan sementara tertinggi adalahgejala umum state anxiety (78,30%), diikuti oleh faktor linguistik (76,66%), kepercayaan diri (66,20%), dan Fear of Negative Evaluation (FNE) (52,36%). Berdasarkan data yang terkumpul, kecemasan di kalangan mahasiswa dipengaruhi oleh gaya mengajar dosen. Selain kesadaran diri siswa terhadap gejala masalahmental, berbagai teknik pengajaran yang inovatif juga dapat membantumengurangi kecemasan siswa di kelas Speaking.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23168 |
Uncontrolled Keywords: | Influencing factors, Speaking skill, State anxiety |
Subjects: | A > A382 Anxiety S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs. KHUSNA Annisa Nailul |
Date Deposited: | 18 Aug 2023 01:18 |
Last Modified: | 18 Aug 2023 01:18 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22727 |
Actions (login required)
View Item |