Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Program “Anak Ceria Jipat” Di Kabupaten Purbalingga

RAMADHANTI, Audita (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Program “Anak Ceria Jipat” Di Kabupaten Purbalingga. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf

Download (199kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (623kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf

Download (212kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2024.

Download (337kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2024.

Download (458kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 22 August 2024.

Download (341kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (768kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf

Download (302kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Audita Ramadhanti-F1B019036-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelayanan publik adalah pemenuhan kebutuhan masyarakat oleh pemerintah, termasuk pemberian pelayanan administratif. Namun, dalam proses pelayanan administratif sering kali mengalami kendala yang menyebabkan masyarakat enggan mengurus dokumen kependudukan. Dalam konteks ini Kabupaten Purbalingga belum tertib dalam hal administrasi kependudukan terutama dalam hal pembuatan akta kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA). Oleh karena itu, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Purbalingga menerapkan program “Anak Ceria Jipat” sebagai upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Akan tetapi pada pelaksanaannya program tersebut mengalami kendala, seperti kurangnya tenaga kerja operator, pelaksanaan program pada beberapa instansi kesehatan di Purbalingga masih belum berjalan dengan maksimal dan pemberian pelayanan seringkali membutuhkan waktu yang lebih lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh positif dan siginifikan antara kualitas pelayanan administrasi kependudukan terhadap kepuasan masyarakat dalam program “Anak Ceria Jipat” di Kabupaten Purbalingga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pemilihan responden yakni accidental sampling. Data yang dikumpulkan meliputi data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, dokumentasi dan observasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment, regresi linier sederhana dan elaborasi. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat pengguna Program “Anak Ceria Jipat” di Kabupaten Purbalingga. Berdasarkan hasil elaborasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat berlaku bagi responden dengan karakteristik seperti jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan, dan jenis pekerjaan. Namun, responden dengan karakteristik pendidikan terakhir Diploma (DI/DII/DIII), pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat tidak berlaku. Dalam penelitian ini menghasilkan suatu rekomendasi yakni memperhatikan ketersediaan petugas pelayanan dan menetapkan petugas yang mengurus program tersebut sehingga pelayanan yang diberikan akan lebih maksimal, waktu pelayanan harus lebih diperhatikan agar tidak terjadi keterlambatan dalam waktu pelayanan, serta perlunya koordinasi yang lebih baik dan cepat agar tidak terjadi kesalahan pemberian informasi kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: F23308
Uncontrolled Keywords: pelayanan publik, kualitas pelayanan, kepuasan masyarakat, program “anak ceria jipat”
Subjects: P > P624 Public administration
S > S232 Services for
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Administrasi Publik
Depositing User: Mrs. RAMADHANTI Audita
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:29
Last Modified: 22 Aug 2023 01:29
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22897

Actions (login required)

View Item View Item