ARIFANI, Syahdan (2023) Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan terhadap Kinerja Pemasaran pada Usaha Mikro Kecil Menengah di SRC Tasik Utara dengan Gender sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Syahdan Arifani-C1B018014-Skirpsi-2023.pdf Download (161kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Syahdan Arifani-C1B018014-Skirpsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (513kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Download (263kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (429kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (725kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (419kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (575kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Download (234kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Download (311kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Syahdan Arifani-C1B018014-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pemasaran UMKM yang di moderasi oleh gender pada Paguyuban SRC di wilayah Tasik Utara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner, studi dokumen dan wawancara (Inteview). Kemudian, teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji F dan uji t. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa variabel orientasi pasar dan oreintasi kewirausahaan secara parsial dan simultan mempengaruhi kinerja pemasaran UMKM pada Paguyuban SRC di wilayah Tasik Utara dengan di moderasi oleh variabel gender. Hasil regresi linier berganda menunjukan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan menunjukan hubungan yang searah serta gender mampu memoderasi keduanya. Berdasarkan hasil uji F dapat dibuktikan bahwa orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM Paguyuban SRC di wilayah Tasik Utara dengan di moderasi gender. Implikasi hasil penelitian pengelola toko harus mengutamakan hal yang berkaitan dengan orientasi pelanggan dengan memberikan kepuasan bagi pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan. Penglola toko harus mengembangkan pembaruan baik dari pelayanan maupun produk. Gender mampu memoderasi pengaruh orientasi pasar dan orientasi kewirausahaan terhadap kinerja pemasaran yang berdampak pada tindakan untuk semakin berfokus pada kebutuhan pelanggan sehingga mampu meningkatkan kinerja pemasaran
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | C23407 |
Uncontrolled Keywords: | Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, Kinerja Pemasaran, UMKM, SRC Tasik Utara |
Subjects: | M > M80 Marketing S > S399 Small business |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > S1 Manajemen |
Depositing User: | Mr. ARIFANI Syahdan |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 01:54 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 01:54 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22906 |
Actions (login required)
View Item |