ANGGATAMA, Oktavian (2023) Analisis Pembebanan Sistem Auxiliary Catu Daya Pada Kereta Rel Listrik Seri JR 205 VVVF. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Download (179kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Download (205kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (256kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (724kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (283kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (910kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Download (248kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Oktavian Anggatama-H1A019013-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi mendorong aktivitas manusia memerlukan moda transportasi dalam kegiatan sehari-hari. Kereta rel listrik menjadi salah satu moda transportasi yang diandalkan oleh masyarakat kota khususnya Jabodetabek dikarenakan efisien, terhindar dari kemacetan serta ramah lingkungan. Berdasarkan pemaparan PT KCI per 15 Januari 2023, jumlah pengguna KRL setiap harinya yang mencapai 800 ribu per hari, sehingga dibutuhkan sarana KRL yang baik dan nyaman. Terdapat dua sistem penting pada KRL yaitu sistem propulsi sebagai penggerak dan sistem auxiliary sebagai suplai beban dalam kereta. Motor generator dalam sistem auxiliary sebagai suplai beban dalam kereta memiliki peran yang penting dalam sarana kereta rel listrik. Tujuan dalam penelitian ini yaitu menganalisis banyaknya kereta yang dapat disuplai dari motor generator serta dampak yang terjadi apabila motor generator mengalami beberapa kondisi normal ataupun gangguan pada setiap stamformasi. Metode penelitian ini dilakukan dengan cara melakukan simulasi dan analisis pembebanan motor generator dengan beberapa kondisi motor generator pada setiap rangkaian kereta. Simulasi penelitian ini menggunakan software ETAP 12.6.0. Hasil dari simulasi dan analisis diperoleh komposisi yang sesuai kebutuhan beban kereta rel listrik seri JR 205 maka pada pembebanan stamformasi 12 menggunakan tiga atau empat traksi, stamformasi 10 menggunakan dua/tiga/empat traksi, dan pada stamformasi 8 menggunakan dua atau tiga traksi. Pada pembebanan motor generator diperoleh bahwa untuk satu motor generator dapat mensuplai maksimal 5 kereta dalam satu rangkaian, serta nilai harmoisa setiap stamformasi dalam beberapa kondisi nilai THD kurang dari 5% sehingga masih pada batas yang diizinkan sesuai standar harmonisa IEEE-519-1992.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | H23185 |
Uncontrolled Keywords: | Kereta Rel Listrik, Sistem Auxiliary, Motor Generator, Stamformasi |
Subjects: | E > E113 Electric generators E > E148 Electrical engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > S1 Teknik Elektro |
Depositing User: | Mr. ANGGATAMA Oktavian |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 06:30 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 06:30 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22942 |
Actions (login required)
View Item |