AVITZA, Nurin Afilia (2023) The Use of Quipper School Application as Online Learning Media in Teaching Reading Comprehension ( a Descriptive Study on the Implementation of Quipper School Application on 11th Grade Students At SMA N 3 Slawi Academic Year 2020/2021). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Download (60kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Download (319kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (328kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (524kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 22 August 2024. Download (339kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (603kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Download (320kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Download (422kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Nurin Afilia Avitza-J1E016039-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada pengajaran menggunakan aplikasi quipper school. Tujuan dari penelitian ini adalah; (1) untuk mendeskripsikan penerapan aplikasi quipper school dalam mengajar pemahaman membaca, (2) untuk mengetahui respon siswa terhadap penerapan aplikasi quipper dalam pembelajaran membaca, (3) untuk mengetahui kesan guru terhadap penerapan aplikasi quipper school untuk mengajar pemahaman membaca. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Fungsinya untuk mendapatkan deskripsi tentang kegiatan penerapan dari aplikasi quipper school, respon siswa terhadap penerapan aplikasi quipper shcool, dan kesan guru terhadap penerapan aplikasi quipper school untuk mengajar pemahaman membaca. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sebelas SMA N 3 Slawi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas Sebelas MIPA 4, SMA N 3 Slawi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Dalam menganalisis data, peneliti memilih, dan menyalin data yang terkait dengan tujuan penelitian. Hasil dari penelitian ini adalah; (1) penjelasan penerapan aplikasi quipper school dalam mengajar pemahaman membaca, (2) tanggapan siswa; 95%, bahwa siswa antusias selama proses belajar mengajar pemahaman membaca melalui aplikasi quipper school, yang mana dapat dilihat dari hasil angket, bahwa 95% siswa memilih jawaban “ya” pada pertanyaan kuesioner ke empat yaitu “Apakah anda merasa lebih bersemangat untuk belajar dengan menggunakan quipper ?”, (3) Tanggapan guru; bahwa aplikasi quipper school mampu memberikan pengetahuan baru untuk siswa, aplikasinya mudah digunakan, dan membuat kegiatan belajar mengajar lebih efisien. Rekomendasi dari penelitian ini adalah untuk guru-guru bahasa Inggris yang ingin menerapkan aplikasi quipper school sebagai media pengajaran harus menyiapkan materi dengan memilih materi yang telah tersedia dalam aplikasi quipper school yang sesuai dengan silabus, mengaktifkan latar belakang pengetahuan siswa, dan memfasilitasi siswa dengan adanya subsidi kuota internet,serta mengingat era pandemi sudah berakhir, sebaiknya guru mempertimbangkan kembali penggunaan aplikasi quipper school dalam proses pembelajaran agar tepat sasaran.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | J23128 |
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi, Membaca, Pembelajaran Daring, Quipper |
Subjects: | I > I258 Internet in education S > S774 Study and teaching |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mrs. AVITZA Nurin Afilia |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 02:56 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 02:56 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/22944 |
Actions (login required)
View Item |