Kekuatan Pembuktian Saksi Ahli Psikologi dalam Tindak Pidana Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga (Tinjauan Yuridis Putusan Nomor:1303/Pid.B/2012/Pn.Jkt.Sel)

AKKASA, Annisa Ayumi (2017) Kekuatan Pembuktian Saksi Ahli Psikologi dalam Tindak Pidana Kekerasan Psikis dalam Rumah Tangga (Tinjauan Yuridis Putusan Nomor:1303/Pid.B/2012/Pn.Jkt.Sel). Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img]
Preview
PDF (Cover)
Cover_1.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] PDF (Legalitas)
Legalitas dan Bagian awal TA_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (956kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
Abstrak_1.pdf

Download (33kB) | Preview
[img] PDF (BabI)
Bab I_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (BabII)
Bab II_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (BabIII)
Bab III_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img] PDF (BabIV)
Bab IV_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (BabV)
Bab V_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img] PDF (Dafarpustaka)
Daftar Pustaka_1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini mengambil judul “Kekuatan Pembuktian Saksi Ahli Psikologi Dalam Tindak Pidana Kekerasan Psikis Dalam Rumah Tangga (Tinjauan Yuridis Putusan Nomor : 1303/PID.B/2012/Pn.Jkt.Sel)”. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui Kekuatan Pembuktian Saksi Ahli Psikologi dalam Putusan Perkara No.1303/Pid.B/2012/PN.Jkt.Sel Dan mengetahui Peranan Kehadiran Saksi Ahli Psikologi Dalam Persidangan Tindak Pidana Kekerasan Psikis Dalam Rumah Tangga Pada Putusan Nomor No.1303/Pid.B/2012/PN.Jkt.Sel. Metode pendekatan yang dipakai adalah yuridis normatif yaitu metode pendekatan menggunakan konsep legisme yang positivistis. Konsep ini hukum dipandang identik dengan norma-norma tertulis yang dibuat dan diundangkan oleh lembaga atau pejabat negara yang berwenang dan melihat hukum sebagai suatu sistem normatif yang mandiri, bersifat tertutup dan terlepas dari kehidupan masyarakat yang nyata. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Putusan Nomor 1303/Pid.B/2012/PN.Jkt.Sel hakim telah memeriksa beberapa alat bukti berupa beberapa keterangan saksi, keterangan terdakwa dan barang bukti dan hakim memperoleh keyakinan bahwa terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga sesuai dengan Pasal 5 huruf (b) Undang-Undang No. 23 tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan Dalam Rumah Tangga serta terpenuhinya syarat minimum pembuktian sebagaimana tercamtum dalam Pasal 183 KUHAP pada proses pembuktian perkara di persidangan dan dijatuhi pidana penjara selama 5 (lima) bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: E17065
Uncontrolled Keywords: Pembuktian, Ahli Psikologi, Kekerasan Dalam Rumah Tangga
Subjects: D > D269 Domestic violence
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Mr Rohmadi Rohmadi
Date Deposited: 15 Oct 2018 01:33
Last Modified: 08 Jan 2020 04:11
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item View Item