HENDRIYADI, Shinta Nadhira (2023) Hubungan antara Pemenuhan Kebutuhan Afeksi dengan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.
PDF (Cover)
COVER-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Download (141kB) |
|
PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (389kB) |
|
PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Download (168kB) |
|
PDF (BabI)
BAB-I-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (206kB) |
|
PDF (BabII)
BAB-II-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (258kB) |
|
PDF (BabIII)
BAB-III-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only until 24 August 2024. Download (335kB) |
|
PDF (BabIV)
BAB-IV-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
PDF (BabV)
BAB-V-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Download (148kB) |
|
PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023.pdf Download (221kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Shinta Nadhira Hendriyadi-F1A019084-Skripsi-2023 (2).pdf Restricted to Repository staff only Download (272kB) |
Abstract
Peran orang tua sudah menjadi hal yang penting bagi prestasi belajar siswa. Hal tersebut karena prestasi belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya faktor lingkungan keluarga. Keluarga sebagai sistem sosial sudah seharusnya menjalankan fungsi dan peran masing-masing untuk mewujudkan keseimbangan. Oleh karena itu, keluarga dalam memenuhi kebutuhan afeksi diduga memiliki hubungan dengan prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pemenuhan kebutuhan afeksi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kontribusi pengaruh kebutuhan afeksi terhadap prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis survei eksplanasi asosiatif. Sasaran penelitian adalah siswa kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara. Teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling dengan penentuan sampel menggunakan rumus slovin sehingga diperoleh 56 responden secara keseluruhan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner yang disebarkan langsung di kelas 4 dan 5 SD Negeri 1 Sumampir, Kecamatan Purwokerto Utara. Alat uji statistik yang digunakan untuk analisis adalah Product Moment Pearsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara pemenuhan kebutuhan afeksi dengan prestasi belajar siswa Sekolah Dasar. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai dari nilai signifikansi (0,000) lebih kecil dari nilai α (0,05) dengan nilai korelasi sebesar 0,484 yang menandakan berhubungan ke arah positif, sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya, semakin tinggi kebutuhan afeksi, maka akan semakin tinggi pula prestasi belajar siswa sekolah dasar. Sebaliknya, semakin rendah kebutuhan afeksi, maka prestasi belajar siswa sekolah dasar juga semakin rendah. Adapun, besarnya kontribusi variabel kebutuhan afeksi (X) terhadap variabel prestasi belajar (Y) adalah 46,8%, sisanya sebanyak 53,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Nomor Inventaris: | F23396 |
Uncontrolled Keywords: | kebutuhan afeksi, prestasi belajar, siswa Sekolah Dasar |
Subjects: | A > A19 Academic achievement |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > S1 Sosiologi |
Depositing User: | Mrs Shinta Nadhira Hendriyadi |
Date Deposited: | 24 Aug 2023 08:22 |
Last Modified: | 24 Aug 2023 08:22 |
URI: | http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23116 |
Actions (login required)
View Item |