Search for collections on Repository Universitas Jenderal Soedirman

An Analysis of Minimum-Competency-Assessment-Based Cognitive-Process-Criteria in Written English School Examination for Junior High School Students

SA'DIYAH, Alifa Zahra (2023) An Analysis of Minimum-Competency-Assessment-Based Cognitive-Process-Criteria in Written English School Examination for Junior High School Students. Skripsi thesis, Universitas Jenderal Soedirman.

[img] PDF (Cover)
COVER-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf

Download (352kB)
[img] PDF (Legalitas)
LEGALITAS-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (609kB)
[img] PDF (Abstrak)
ABSTRAK-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (BabI)
BAB-I-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (155kB)
[img] PDF (BabII)
BAB-II-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (191kB)
[img] PDF (BabIII)
BAB-III-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only until 28 August 2024.

Download (193kB)
[img] PDF (BabIV)
BAB-IV-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] PDF (BabV)
BAB-V-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf

Download (142kB)
[img] PDF (DaftarPustaka)
DAFTAR PUSTAKA-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-Alifa Zahra-J1E018025-Skripsi-2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan membuat kebijakan baru menghapus Ujian Nasional (UN) dan menggantinya menjadi Asesmen Nasional (AN), salah satu komponen dalam AN yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). Hal ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari hasil PISA (Programme of International Students) pada tahun 2018 yang menyatakan Indonesia menempati posisi 10 terbawah dari total 79 negara peserta. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan juga mengganti Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) menjadi Ujian Sekolah (US). Pada proses penyusunan soal Ujian Sekolah, tidak ada standar dan acuan khusus. Kewenangan menyusun Ujian Sekolah diberikan sepenuhnya kepada guru dan sekolah. Dengan metode analisis data sekunder, peneliti menganalisis Proses Kognitif apa yang ditermukan pada Ujian Sekolah SMPN 8 Purwoketo pada tahun ajaran 2021/2022. Hal ini penting untuk dilaksanakan mengingat tujuan baru dari pemerintah yaitu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Hasil dari penelitian ini dapat membantu guru Bahasa Inggris dalam mengembangkan kemampuan dan kreativitas mereka dalam pembelajaran Bahasa Inggris dan juga menciptakan soal ujian yang berbasis pada Minimum Kompetensi Asesmen (AKM) sehingga siswa akan terbiasa dengan soal berstandar internasional. Dari 40 soal Ujian Sekolah Bahasa Inggris, peneliti menemukan sebanyak 18 soal atau 45% soal dengan kategori Menemukan Informasi, 22 soal atau 55% soal dengan kategori Memahami dan tidak ditemukan soal dengan kategori Mengevaluasi dan Merefleksi.Hasil dari penelitian ini xii menunjukan proporsi soal Minimum Kompetensi Asesmen (AKM) berdasarkan literasi kognitf proses kriteria belum terbagi merata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Nomor Inventaris: J23204
Uncontrolled Keywords: Kognitif Proses; Asesmen Nasional; Minimum Kompetensi Asesmen (AKM); Ujian Sekolah
Subjects: E > E293 English language Examinations
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mrs. SA'DIYAH Alifa Zahra
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:42
Last Modified: 28 Aug 2023 06:42
URI: http://repository.unsoed.ac.id/id/eprint/23273

Actions (login required)

View Item View Item